Home / Apotik Hidup / Melinjo Dapat Sembuhkan Luka Gigitan Anjing

Melinjo Dapat Sembuhkan Luka Gigitan Anjing

Kalau saja Melinjo bisa bicara tentu dia akan berteriak-teriak membela dirinya, pasalnya Melinjo kerap kali mendapat tudingan sebagai penyebab asam urat. Padahal Tanaman berbiji terbuka dengan nama latin Gnetum gnemon Linn memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan manusia.

biji melinjo
biji melinjo

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap melinjo diketahui ternyata melinjo mengandung senyawa yang menghambat aktivitas xantin oksidase. Xantin oksidase adalah enzim yang bekerja untuk mensintesis purin. Sehingga proses sintesis purin menjadi terganggu, akibatnya purin yang tidak disintesis menumpuk menjadi asam urat yang berbentuk Kristal pada sendi-sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri. Jadi mitos mengenai konsumsi melinjo maupun emping (melinjo yang sudah diolah) sebagai penyebab asam urat mungkin ada benarnya jika dilihat berdasarkan fakta diatas. Namun bukan berarti Melinjo tanaman yang sama sekali harus dihindari untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang tidak memiliki penyakit asam urat.

Khasiat Melinjo

1. Diuretika atau Peluruh Air seni

Kukus 50 gram kulit Melinjo, lalu dimakan sekaligus.

2. Digigit anjing

Buah atau daun melinjo dicuci bersih ditumbuk halus bersama 2 siung bawang putih/bawang merah, 1 ruas jari temu lawak, lalu dibalurkan pada luka gigitan anjing.

3. Penyakit mata, Anemia, dan Busung Lapar

Caranya dengan mengkonsumsi daun dan buah Melinjo yang sudah dimasak menjadi sayur.

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...