Home / Apotik Hidup / 5 Tanaman Berkhasiat Asli Indonesia Paling Populer

5 Tanaman Berkhasiat Asli Indonesia Paling Populer

Sungguh kita mesti bersyukur kepada Allah, SWT karena tinggal di Indonesia, negeri yang kaya akan jutaan ragam dan jenis flora yang memiliki khasiat yang begitu luas ini disebabkan posisi Indonesia yang terletak pada sabuk tropis. Diseluruh dunia terdapat 40 ribu tanaman obat, 30 ribu diantaranya terdapat di negeri ini, dan hampir 7 ribu diantaranya telah diidentifikasi dan digunakan untuk kepentingan medis.

Salah satu tanaman yang merupakan tanaman asli Indonesia adalah Pala. karena tanaman Pala ini lah negara eropa seperti Belanda sangat berambisi menjajah bangsa ini. Bukan hanya memburu Pala, mereka juga menyadari bahwa Indonesia surganya rempah, seperti cengkeh, lada, teh, dan masih banyak lagi. Kesemua tanaman itu bukan hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tapi juga bermanfaat dalam dunia kesehatan. Karena itu tanaman-tanaman tersebut memiliki nilai yang tinggi dalam perdagangan internasional.

Tanaman asli Indonesia yang populer digunakan dalam pengobatan di dunia medis antara lain :

1. Pala (Myristica Fragans Houtt)

Biji Pala
Biji Pala

Di negara-negara eropa dan di Asia Pala atau Nutmeg banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Bijinya mengandung berbagai zat berkhasiat yang dapat digunakan sebagai obat, seperti penjelasan kami pada artikel Pala Mampu Atasi Insomnia

 

 

2. Cengkih (Syzigium aromaticum)

Cengkih
Cengkih

Adalah tanaman asli Indonesia, selain digunakan sebagai bumbu masakan biasanya juga digunakan sebagai bahan campuran rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam di Indonesia (Kepulauan banda) dan Madagaska, selain itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka. Tanaman Cengkih dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis.

Cengkih berkhasiat sebagai penghilang rasa sakit, terutama banyak digunakan oleh dokter gigi.

3. Temulawak (Curcuma xanthoriza)

Temulawak
Temulawak

Temulawak memiliki banyak manfaat dan khasiat antara lain untuk pengobatan diare, gangguan pencernaan, memelihara fungsi hati, menambah nafsu makan, mengurangi radang sendi, menurunkan lemak darah dan mengobati jerawat.

Selain dimanfaatkan sebagai obat temulawak juga dibuat sebagai sumber karbohirat yaitu dengan mengambil patinya dibuat bubur makanan bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan. Disisi lain Temulawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tanaman tersebut menghasilkan minyak atsiri  yang ampuh menangkal nyamuk.

4. Brotowali (Tinosporacrispa)

Brotowali
Brotowali

Brotowali merupakam tanaman asli Indonesia yang dapat dengan mudah ditemui di halaman rumah penduduk atau tumbuh liar di hutan ataupun lahan kosong. Brotowali berkhasiat menurunkan gula darah, menurunkan panas dan demam, mengurangi gejala diabetes, dan menambah nafsu makan. Beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daunnya. Misalnya untuk mengatasi rematik, radang sendi, demam kuning, malaria, diabetes, dan menyembuhkan luka.

 

5. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Kumis Kucing
Kumis Kucing

Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati sembelit, infeksi ginjal, batu ginjal, diabetes, albuminuria, sifilis, rematik, dan darah rendah.

 

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...