Home / Artikel Kesehatan / 7 Herbal Paling Ampuh Lawan Diabetes

7 Herbal Paling Ampuh Lawan Diabetes

Banyak herbal dan rempah-rempah yang diklaim memiliki sifat menurunkan gula darah yang menjadikan mereka berguna bagi orang-orang dengan atau berisiko tinggi diabetes tipe 2.

Sejumlah studi klinis telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukkan hubungan antara terapi herbal dan pengendalian glukosa darah berpotensi meningkat, yang telah menyebabkan peningkatan penderita diabetes menggunakan bahan-bahan alami untuk membantu menangani kondisi mereka.

Berikut adalah herbal paling efektif mengendalikan gula darah yang tinggi atau penyakit diabetes :

1. Bawang Putih

7 Herbal Paling Ampuh Lawan Diabetes

Allium sativum lebih dikenal sebagai bawang putih, dan diperkirakan untuk menawarkan sifat antioksidan dan efek mikro-sirkulasi. Meskipun beberapa studi telah meneliti kaitan allium dengan tingkat insulin dan glukosa darah, namun hasilnya positif.

Allium dapat menyebabkan penurunan glukosa darah, meningkatkan sekresi dan memperlambat penurunan kadar insulin. Karena data yang tersedia terbatas,  uji coba lebih lanjut diperlukan.

 

 

2. Buah Ara/Ficus carica

7 Herbal Paling Ampuh Lawan DiabetesFicus carica, dikenal sebagai obat diabetes di Spanyol dan Eropa Selatan-Barat, tetapi komponen aktif yang tidak diketahui. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ara-daun mempermudah penyerapan glukosa.

 

 

 

3.Ginseng

7 Herbal Paling Ampuh Lawan DiabetesGinseng adalah nama kolektif untuk berbagai spesies tanaman yang berbeda. Dalam beberapa penelitian menggunakan ginseng Amerika, dilaporkan terjadi penurunan glukosa darah puasa. Varietas termasuk ginseng Korea, ginseng Siberia, ginseng Amerika dan ginseng Jepang.

Dalam beberapa bidang tanaman, khususnya spesies Panax, yang dianggap sebagai ‘obat untuk semua. “Seperti halnya dengan banyak rempah-rempah lain yang digunakan di seluruh dunia dalam pengobatan penderita diabetes, kelanjutan studi jangka panjang diperlukan untuk memastikan khasiat ginseng.

4. Buah Pare/Momordica charantia

7 Herbal Paling Ampuh Lawan DiabetesMomordica charantia tumbuh tersebar di beberapa daerah di Asia, India, Afrika dan Amerika Selatan. Dipasarkan sebagai charantia, juga dikenal sebagai karela atau karolla dan pare. Herbal tersebut mungkin dipersiapkan dengan dalam berbagai cara yang berbeda, dan mungkin dapat membantu penderita diabetes dengan sekresi insulin, oksidasi glukosa dan proses lainnya.

 

5. Kemangi/Ocimum sanctum

7 Herbal Paling Ampuh Lawan DiabetesOcimum sanctum adalah ramuan yang digunakan dalam praktek ayurverdic tradisional, dan umumnya dikenal sebagai kemangi. Sebuah uji klinis terkontrol menunjukkan efek positif pada postprandial dan glukosa puasa , dan para ahli memprediksi bahwa herbal dapat meningkatkan fungsi sel beta, dan mempermudahi proses sekresi insulin.

 

 

6. Kaktus/Opuntia streptacantha

7 Herbal Paling Ampuh Lawan DiabetesOpuntia streptacantha (nopal) umumnya dikenal sebagai kaktus berduri di daerah kering di mana ia tumbuh. Penduduk gurun Meksiko secara tradisional menggunakan tanaman inidalam pengendalian glukosa darah. Penyerapan glukosa usus dapat dipengaruhi oleh beberapa sifat tanaman ini, dan penelitian pada hewan telah menemukan penurunan signifikan dalam glukosa postprandial dan HbA1c oleh tanaman ini.

7. Klabet/Trigonella foenum graecum

7 Herbal Paling Ampuh Lawan DiabetesTrigonella foenum graecum dikenal sebagai fenugreek atau Klabet dan banyak ditanam di India, Afrika Utara, dan bagian dari Mediterania. Tanaman ini juga merupakan bagian dari perawatan ayurverdic, dan digunakan secara luas dalam masakan. Dari beberapa uji coba non-terkontrol yang telah dilakukan pada penderita diabetes tipe 2, yang paling laporan meningkatkan pengendalian glikemik. Studi lebih lanjut tentu diperlukan.

 

 

Sumber : diabetes.co.uk

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...