Home / Apotik Hidup / 7 Khasiat Tanaman Tapak Dara

7 Khasiat Tanaman Tapak Dara

Mungkin Anda pernah melihat tanaman  ini tumbuh di pinggir-pinggir jalan atau lapangan rumput. Atau ada tetangga Anda yang memang menanamnya di pekarangan rumah sebagai tanaman hias karena memiliki bunga yang cantik warnanya. Mungkin Anda mengira tanaman Tapak Dara tanaman biasa, namin sebenarnya di balik kesederhanaan tanaman Tapak Dara ini, Ia memiliki khasiat dan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Memiliki nama latin Chatarantus roseus (L) G. Don, dan sinonimnya adalah Vinca rosea L. tanaman ini di Indonesia dikenal dengan sebutan rutu-rutu, kembang serdadu, kembang sari cina (Jawa), kembang tembaga beureum (Sunda). Sedangkan nama asingnya adalah Madagascar periwinkle, rose perwinkle (Inggris), Kemunting Cina (Melayu).

Vinca rosea L.
Vinca rosea L.

Tanaman Tapak Dara terkenal kaya akan kandungan alkaloida, beberapa senyawa kelompok alkaloid dari tanaman ini telah diisolasi dan dijadikan obat antikanker, yaitu vinblastine dan vincristine. Alkaloida lain yang terdapar pada tanaman ini adalah vindoline. Selain alkaloid, senyawa lainnya adalahantosianindan senyawa-senyawa fenolik seperti flavonoid, juga asam kafequinat, dan juga kelompok triterpena pentasiklik yaitu asam ursolat.

Khasiat Tapak Dara dan cara menggunakannya

Tapak Dara dikenal dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit di antaranya :

1. Diabetes militus (kencing manis)

10-16 lembar daun Tapak Dara rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah didinginkan dapat diminum sebagai obat.

2. Hipertensi (darah tinggi)

7 lembar daun atau bunga Tapak Dara diseduh dengan 1 gelas air biarkan beberapa saat, lalu saring untuk diminum menjelang tidur.

3. Leukimia

20-25 gram daun Tapak Dara yang sudah dikeringkan bersama adas pulawaras direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

4. Asma dan Bronkhitis

1 potong bonggol akar Tapak Dara direbus dengan 5 gelas air, didinginkan untuk diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

5. Demam

Satu genggam daun Tapak Dara , 3 potong batang dan akar Tapak Dara direbus dengan 4 gelas airsampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas, didinginkan untuk diminum pagi dan sore hari.

6. Radang Perut dan Disentri

Segenggam daun Tapak Dara direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih, didinginkan tambahkan gula kelapa untuk diminum pagi dan sore.

7. Kurang Darah

4 putik bunga Tapak Dara putih direndam dalam 1 gelas air, ditutup, lalu diletakkan diluar rumah semalaman. Diminum pagi harinya secara teratur setiap harinya.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...