Home / Berita / Anda Penggemar Sashimi? Baca Dulu Berita Ini!
Hasil Scan Tubuh Penderita

Anda Penggemar Sashimi? Baca Dulu Berita Ini!

Seorang pria China penggemar Sashimi mengeluh sakit perut dan kulitnya gatal. Setelah diperiksa dokter, tubuh pria itu ternyata dipenuhi cacing pita. Dokter menyatakan, cacing pita itu berasal dari irisan ikan mentah atau Sashimi yang disantap pria tersebut. Pria itu sungguh tidak menduga Sashimi, yang jadi makanan kesukaannya selama ini hampir saja menjadi pembunuhnya.

Cacing-cacing pita yang menginfeksi seluruh tubuh pria itu diketahui berdasarkan hasil scan. Tanpa disadari, irisan ikan mentah dari makanan khas Jepang itu terdapat larva. Setelah ikan itu disantap tanpa dimasak, larva itu menetas menjadi cacing pita di tubuh pria China tersebut

Menurut dokter, cacing pita dapat tumbuh cepat sekitar seminggu di dalam usus manusia sepanjang 15 meter. Jika larva mulai bermigrasi ke bagian organ lain, seperti hati, jantung, mata atau bahkan otak, maka pria tersebut bisa meninggal.  Dokter percaya beberapa makanan lezat khas Jepang seperti Sashimi kerap terkontaminasi, karena berasal dari daging atau ikan mentah.

Pria yang identitasnya tidak dirilis itu, telah dirawat di Rumah Sakit Rakyat Guangzhou Nomor 8, di Provinsi Guangdong, China timur. Cacing pita itu diduga kuat berasal dari ikan salmon atau ikan apa pun yang sebelumnya memakan larva diphyllobothrium.  Dokter yang menangani pasien itu menulis temuannya di jurnal Canadian Family Physician. Di dalam jurnal itu ditulis, popularitas dari Sushi Jepang dan Sashimi adalah kontributor utama dari kasus semacam itu.   “Tapi hidangan populer lainnya mungkin juga terlibat, seperti ikan mentah yang diasinkan,  yang berasal dari Baltik dan negara-negara Skandinavia. Contoh, Carpaccio, irisan ikan mentah yang sangat tipis yang sudah umum di Italia,” demikian laporan jurnal itu yang dilansir Mail Online, semalam.

Dr Yin, dari Rumah Sakit Rakyat Guangzhou Nomor 8, mengatakan kepada situs that’smags.com bahwa makan makanan mentah yang terkontaminasi dengan telur cacing pita bisa menyebabkan cysticercosis, ketika cacing dewasa masuk aliran darah seseorang. Jenis infeksi semacam ini yang mengancam jiwa setelah cacing mencapai otak.

Jadi masih berpikir untuk menyantap hidangan ikan mentah ala Jepang seperti Sashimi? Itu terserah Anda.

 

Check Also

Konsumsi Daun Beluntas Untuk Cegah Kerusakan Hati

Beluntas adalah tanaman yang tumbuh liar didaerah dekat pantai. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak ...

...