Home / Apotik Hidup / Asparagus Sayuran Dengan Khasiat Berlimpah

Asparagus Sayuran Dengan Khasiat Berlimpah

Beruntunglah bagi Anda yang menyukai masakan atau olahan makanan dari Asparagus. Bukan hanya nikmat disajikan sebagai sup atau sekedar ditumis saja, Asparagus atau yang memiliki nama latin Asparagus offifinalis ternyata salah satu sayuran yang memiliki limpahan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh Anda.

Asparagus kaya akan nutrisi karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin, serta mineral yang terkandung antara lain kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, sen. Sedangkan senyawa lain yang dimiliki tanaman ini antara lain karotenoid,yang bermanfaat untuk kesehatan mata, polifenol yang memiliki banyak manfaat diantaranya antioksidan, antiradang, antikanker, dan melancarkan peredaran darah. Senyawaan polifenol yang terdapat pada tanaman asparagus diantaranya kaemferol glikosida, asam kafeat,asam klorogenat, asam sinamat, dan rutin. Asparagus juga mengandung steroidal saponin yang memberikan rasa pahit pada batang muda pada tanaman ini, serta antosianin yang bermanfaat antioksidan.

Khasiat Asparagus

bagian Asparagus yang berkhasiat bagian akar dan batangnya  kedua bagian ini memiliki efek menyegarkan dan membersihkan usus, ginjal dan hati. Asparagus berkhasiat antispasmodik anti anti kram perut, melancarkan pencernaan, penghilang rasa sakit, pengeluar keringat (diaforetik), diuretik, sebagai obat penenang (sedatif) dan penguat (tonik). Infus akar asparagus berkhasiat dmengobati penyakit kuning dan memperbaiki kinerja ginjal. Kinerja diuretik kuat dari akar asparagus sangat bermanfaat untuk pengobatan bermacam-macam masalah berurin termasuk sistitis. Selain itu juga dimanfaatkan pada pengobatan kanker dan menurunkan tekanan darahtinggi. Disamping akar dan batang biji asparagus juga memiliki aktifitas antibiotik.

Penelitian menunjukan bahea kandungan saponin di asparagus memiliki aktifitas anti jamur. Selain itu, senyawa kimia yang terdapat pada ekstrak etil asetat asparagus diketahui dapat menghambat enzim siklooksigenase-2 (COX-2) dan berpotensi sebagai anti peradangan. Kandungan polifenol yang terdapat pada asparagus memiliki aktifitas antioksidan dan anti tumor.

Hidangan Asparagus
Hidangan Asparagus

Cara mengkonsumsi Asparagus biasaya disajikan sebagai sayuran. Pengolahanterbaik adalah dengan merebusnya 3-4 menit agar kandungan gizinya tetap terjaga.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...