Home / Artikel Kesehatan / Atasi Keputihan Dengan Ramuan herbal Tradisional

Atasi Keputihan Dengan Ramuan herbal Tradisional

Keputihan adalah masalah yang umum dialami wanita. Jika keputihan atau lendir yang menempel pada pakaian dalam Anda berwarna bening dan tidak menyebabkan rasa gatal serta keluar pada saat sebelum atau sesudah haid, Anda tidak perlu menghawatirkannya. Keputihan tersebut termasuk wajar dan  bertujuan untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan Anda.

Jika keputihan atau lendir yang menempel pada pakaian dalam Anda berwarna bening dan tidak menyebabkan rasa gatal serta keluar pada saat sebelum atau sesudah haid, Anda tidak perlu menghawatirkannya. Keputihan tersebut termasuk wajar dan  bertujuan untuk membersihkan dan melindungi daerah kewanitaan Anda. Namun dalam beberapa kasus sering kali keputihan normal menjadi tidak normal ditandai dengan :

– Keluar cairan putih kekuning-kuningan dari vagina
– Rasa gatal atau panas di sekitar vagina
– Nyeri dan kemerahan di sekitar vagina
– Sakit atau perih saat berhubungan seks atau buang air kecil

Beberapa penyakit keputihan disebabkan oleh penyakit menular seperti gonoroe dan klamidia. Biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada tulang panggul atau saat buang air kecil serta mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi atau setelah berhubungan seks yang menyertai keputihan. Sedangkan infeksi yang disebabkan bakteri trikomoniasis ditandai dengan lendir akibat infeksi ini biasanya berjumlah banyak, berbau amis, dan disertai rasa perih saat buang air kecil. Pembengkakan dan gatal-gatal di sekitar vagina juga dialami penderita trikomoniasis. Infeksi ini juga dapat diobati dengan antibiotik. Keputihan dengan luka lepuh di bagian vagina juga menandakan infeksi oleh virus herpes.

Beberapa tanaman herbal dapat digunakan sebagai obat keputihan yang ampuh dan minim efek samping. Seperti resep ramuan tradisional di bawah ini yang telah digunakan saecara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengatasi keputihan.

Resep 1

Bunga matahari 60 gr direbus dengan 1/2 liter air, hingga sisa setengahnya. Saring lalu diminum.

Resep 2

1 sendok teh biji caisim dicuci giling halus, seduh dengan 1/3 cangkir air panas + 1 sendok makan madu, dinginkan dan minum 2-3 kali sehari.

Resep 3

1 ibu jari kunyit tua kupas kulitnya, parut + 3/4 gelas larutan air asam jawa yang dicampur dengan larutan gula jawa secukupnya. Aduk peras dan saring untuk diminum. Lakukan setiap hari.

Resep 4

Temu lawak  1 ibu jari +10 lembar daun sirih + 1 ibu jari kunyit, rebus dengan 1 lt air sampai mendidih, hangat-hangat dibasuhkan pada vagina.

Resep 5

Ranting muda pohon jambu biji 3 batang + 7 lembar daun sirih, rebus dengan 2 liter air hingga sisa setengahnya. Gunakan untuk mencuci kemaluan.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...