Home / Apotik Hidup / Bawang Merah Penurun Panas dan Antibakteri Yang Mujarab

Bawang Merah Penurun Panas dan Antibakteri Yang Mujarab

Siapa sih yang tidak tahu dengan Bawang Merah? Hampir semua masakan pasti menggunakan Bawang merah. Cita rasanya yang unik menambah kelezatan hidangan yang disajikan dengan bawang merah goreng. Dulu ketika saya masih kecil jika terserang panas maka ibu saya akan menumbuk bawang merah bersama minyak goreng untuk kemudian dioleskan ke badan Saya, dan memang suhu badan saya ketika itu turun perlahan-lahan.

Allium cepa
Allium cepa

Memang tanaman yang satu ini memiliki banyak khasiat, tidak diragukan lagi Bawang merah atau Allium cepa yang mengandung senyawa alliin yang oleh enzim alliinase diubah menjadi alliisin bersifat membunuh bakteri. bawang merah juga banyak mengandung senyawa belerang seperti metil alil tiosulfinat dan alil metil sulfinat yang juga merupakan senyawa antibakteri. Senyawa yang mengandung sulfur lainnya adalah S-metil sistein sulfoksida dilaporkan memiliki aktifitas antidiabetes dan penurun kadar lemak tubuh. Bawang merah juga mengandung banyak senyawa golongan flavonoid seperti kuersetin dan kuersetin glukosida. Bawang merah juga memiliki aktivitasw antitrombotik, antitumor, dan antiartritic serta mengatasi kardiovaskular.

Brambang, begitu orang jawa menyebutnya memiliki kandungan minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, kaemferol, kuersetin dan floroglusin yang secara tradisional juga digunakan untuk menurunkan suhu tubuh yang demam.

Resep Ramuan Bawang untuk pengobatan

РPenurun Panas :  Cuci lima butir bawang merah lalu kupas. Kemudian parut atau gerus dan tambahkan minyak kelapa atau minyak kayu putih secukupnya. Setelah itu balurkan ke tubuh anak, terutama bagian ubun-ubun, punggung, perut, paha, lengan dan telapak kaki.

– Antibakteri : Air dari umbi bawang merah diperas lalu dihirup untuk membunuh mikroba dipteria, disentri atau TBC.

– Pembekuan darah : Umbi bawang merah dapat dimakan mentah.

Check Also

Kulit Pohon Jamblang Untuk Obati Penyakit Beser

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol keinginan berkemih sehingga sering terjadi kebocoran ...

...