Home / Apotik Hidup / Belimbing Wuluh si Pengganti Asam Yang Segar

Belimbing Wuluh si Pengganti Asam Yang Segar

Bunga Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh sangat familiar di masyarakat terutama di kalangan ibu-ibu, karena buah belimbing wuluh atau sering juga disebut Belimbing sayur ini sering kali menjadi salah satu bahan masakan. Rasanya yang masam kadang digunakan sebagai alternatif pengganti asam jawa ataupun buah Tomat dalam beberapa masakan daerah.

Tumbuhan Belimbing Wuluh atau dalam bahasa latin disebut Averrhoa bilimbi L. mudah ditemui di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Tentu saja dengan sebutan yang berbeda-beda, misalnya di Aceh dikenal sebagai thlimeng, orang Batak menyebutnya asom atau balimbingan, balimbeng di Flores, sedangkan belimbing wuluh sebutan berasal dari Jawa. Tanaman ini termasuk jenis yang mudah ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Belimbing Wuluh dapat berbuah dan berbunga sepanjang tahun.

Averrhoa bilimbi L.
Averrhoa bilimbi L.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bunga Belimbing Wuluh
Bunga Belimbing Wuluh

Khasiat Belimbing Wuluh

Dapat digunakan sebagai obat Hipertensi, dapat pula menurunkan kadar glukosa darah. Secara farmakologi telah dibuktikan bahwa rebusan daunnya dengan pemberian secara oral pada dosis 500 mg/kg tidak memberikan efek hipotermia, tetapi justru memberikan efek antipiretik (penurun panas) dan menurunkan peradangan atau anti inflamasi.

Ekstrak Clhoroform daun belimbing Wuluh sangat efektif membunuh pertumbuhan bakteri staphyllococcus aureus, bacillus cereus, dan corney bacterium diphteria karena mengandung senyawa flavonoid tipe luteoindan apigenin.

Secara tradisional daunnnya juga digunakan untuk mengobati sakit perut, demam gondok, encok. Buahnya digunakan untuk gejala darah tinggi, sariawan, obat batuk, gondongan (parotitis), gusi berdarah, sakit gigi, jerawat, panu, kelumpuhan, memperbaiki sistem pencernaan, dan radang rektum.

 

Resep Belimbing Wuluh 

Berikut adalah cara mengolah bagian-bagian tanaman Belimbing Wuluh sebagai tanaman obat berkhasiat.

1. Pegel Linu

Satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkih, 15 butir lada, dihaluskan bersama-sama lalu ditambahkan cuka secukupnya. Lumurkan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Gondongan

10 ranting muda belimbing wuluh berikut daun dan 4 butir bawang merah cuci bersih lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk, baurkan pada bagian tubuh yang sakit.

3. Batuk pada anak

Segenggam bunga belimbung wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan air satu cangkir, lalu ditim selama  15-30 menit, dinginkan lalu saring. Digunakan 2 kali minum, pada pagi dan malam saat perut kosong atau sebelum makan.

4. Batuk

25 kuntum bunganya, seruas jari rimpang temu giring, seruas jari kulit kayu manis, seruas jari kencur, 2 butir bawang merah,1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun daga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok,  cuci dan potong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Dinginkan, saring untuk diminum dengan madu secukupnya. Diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.

5. Batuk Rejan

10 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci sampai bersih, diremas-remas dengan 2 sendok makan air garam  lalu saring. Diminum 2-3 kali sehari. Bisa juga dengan mengkonsumsi tiga kali sehari 6-8 buah manisan buah belimbing wuluh.

6. Rematik

100 g daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 bj cengkih, dan 15 bj merica, cuci kesemuanya lalu dihaluskan tambahkan cuka secukupnya hingga menjadi adonan bubur, lalu oleskan pada bagian yang sakit.

7. Sariawan

Sebagai olesan pada mulut yang sariawan dapat digunakan segenggam bunga belimbing wuluh yang direbus dalam satu cangkir air dengan gula jawa secukupnya hingga menjadi kental, kemudian didinginkan. Atau dapat juga dengan meminum rebusan bunga belimbing wuluh 3 kali sehari.

8. Jerawat

Nah, biasanya anak remaja memiliki masalah dengan jerawat membandel. Coba saja mengoleskan dan menggosok wajah yang berjerawat dengan buah belimbing wuluh yang dihaluskan dengan sedikit garam. Bisa juga menambahkah buah belimbing wuluh yang telah dihaluskan dengan 1/2 sendok teh bubuk belerang  , 2 sendok makan jeruk nipis, lalu dioleskan pada wajah yang berjerawat lakukan 2-3 kali sehari.

9. Panu

Gosoklah kulit yang terkena penyakit panu dengan buah belimbing wuluh yang di haluskan dengan kapur sirih secukupnya. Lakukan setiap habis mandi.

10. Hipertensi

Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji sari gading 25gr yang sudah dicuci bersih. Biji sari gading ditumbuk halus. Masukan kedalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum 1 gelas sehari. Buah yang besar dan berwarna hijau diparut, ambil air nya dan diminum. Atau bisa juga dengan cara menyiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, Minum setelah makan pagi.

 

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...