Home / Apotik Hidup / Berantas Panu Dengan Laos Atau Lengkuas

Berantas Panu Dengan Laos Atau Lengkuas

Penyakit panu memang bukan penyakit berbahaya, tapi merupakan penyakit yang dianggap memalukan. Karena orang yang memiliki kulit berpanu seringkali dicap jorok, dan jarang mandi (sadis ya?). Tapi tak perlu terpuruk dalam kesedihan kulit berpanu, cobalah berusaha dengan membuka-buka lemari dapur di rumah tempat ibu menyimpan bumbu-bumbu dapur. Lah, apa hubungannya? Ya iya, siapa tahu dalam keputusasaan akibat kulit berpanu yang memalukan yang tak kunjung musnah itu Anda menemukan sebongkah Laos atau Lengkuas di dapur. Masih bingung, yuk baca kedahsyatan khasiat Laos atau Lengkuas di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Lengkuas memiliki nama latin yang indah yaitu Alpinia galanga, biasanya ibu-ibu paling sumpek kalo mau bikin sayur asem, oseng kangkung atau soto dan semacamnya nggak punya persedian Laos, karena Laos memang termasuk sebagai bumbu masak dengan pangkat yang tinggi selain kunyit, kencur dan kawan-kawannya. Ada 2 jenis tumbuhan Lengkuas yang dikenal yaitu varietas rimpang putih yang biasa digunakan memasak, dan varietas rimpang merah yang lebih digunakan sebagai obat.

Lengkuas Putih
Lengkuas Putih

 

 

 

 

 

 

 

Lengkuas Merah
Lengkuas Merah

 

 

 

 

 

 

 

Kandungan zat berkhasiat pada Lengkuas antara lain, minyak atsiri, eugenol. seskuiterpen, pinen,metil sinamat, kaemferida, galangan, galangol, dan kristal kuning. Kandungan zat berkhasiat ini yang memiliki efektifitas anti jamur termasuk panu, panu kan jamur kulit betul nggak? Betul betul betul !

Khasiat dan Penggunaan Lengkuas/Laos

1. Panu

Iris seruas jari Lengkuas, lalu gosok-gosokkan pada kulit yang berpanu, dapat juga dengan menghaluskan lengkuas dengan kapur sirih lalu di balurkan pada kulit yang berpanu.

2. Reumatik

2 potong rimpang Lengkuas sebesar ibu jari diparut ambil air parutan dengan cara di saring tambahkan kuning telur kampung, aduk rata. Untuk diminum 1 kali sehari.

3. Membangkitkan gairah seks

Nah ini penting juga, daripada beli produk-produk jamu kuat nggak jelas, Anda bisa membuat ramuan obat kuat pribadi dengan bahan Lengkuas. 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari diparut ambil airnya, campur dengan  rimpang halia sebesar satu ruas jari yang diparut dan diambil airnya juga. Tambahkan perasan 2 buah jeruk nipis,1 sdt merica, 1 sdt garam, 1 btr ragi tape, dan setengah gelas air. Rebus sampai mendidih, dinginkan untuk diminum.

4. Bronkhitis

Tumbuk halus Lengkuas, temu lawak, dan halia (masing-masing 2 rimpang), 1 genggam daun pecut kuda, setengah genggam daun iler, dan kayu manis secukupnya. Rebus dengan 1 gelas air,sampai mendidih lalu dinginkan. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...