Home / Artikel Kesehatan / Bila Si Kecil Hidungnya Mimisan

Bila Si Kecil Hidungnya Mimisan

Pernah suatu hari anak saya yang berusia 5 tahun ketika asyik bermain-main dengan saudara-saudaranya, tiba-tiba berteriak menangis sambil memegangi hidungnya yang berdarah. Saya sih tidak terlalu panik mengingat kakaknya juga pernah mengalami hal serupa. Saya langsung mengambil beberapa lembar tissue,dan menutupkan pada lubang hidungnya yang keluar darah,sambul menekan batang hidungnya. “Nggak papa, dek… bentar juga berhenti” Hibur saya pada si adik. BEnar saja tak berapa lama darah mampet, tak keluar lagi dari hidung si adik.

Sebenarnya apa sih penyebab mimisan pada anak? Bahayakah? Nah,supaya tidak panik jika buah hati mimisan,yuk baca uraian di bawah ini !

Penyebab mimisan yang Umum

Mimisan sangat sering terjadi pada anak-anak meskipun terkadang belum diketahui sebabnya, kecuali akibat jatuh. Beberapa penyebab yang tersering adalah:
1. Alergi. Banyak alergi dipicu oleh faktor X dalam cemilan anak, perhatikan hal-hal yang dapat menyebabkan alergi pada anak anda. Tiap anak berbeda-beda, bila anak tetangga alergi A, anak anda  mungkin tidak alergi A. Apalagi anak yang mendapatkan ASI.
2. Kedinginan. AC yang mulai umum di setiap rumah, bisa terjadi adalah satu penyumbang penyebab terjadinya mimisan pada anak. Ac membuat udara menjadi kering akibat memenurunnya kelembaban udara ruangan. Sehingga bagian dalam hidung si kecil yang sensitif mimisan.
3. Jatuh, perlukaan,dan benturan
Pada anak trauma pada hidung dapat terjadi seperti ketika anak terbentur, menggorek hidungnya terlalu keras atau terpukul benda lainnya. Cara ini dapat dihindari dengan memberikan peringatan pada anak anda ketika bermain bersama dengan teman-temannya.
4.  Polusi
Keadaan udara yang dihirup oleh anak anda dapat mempengaruhi kesehatannya, misalnya kendaraan bermotor, asap rokok yang dapat membuat iritasi pada selaput lendirnya apalagi selaput lendir pada usia anak-anak masih sangat tipis dan mudah robek.
5. Infeksi
Beberapa kondisi dapat menyebabkan infeksi pada anak anda, seperti vestibulitas yaitu terjadi peradangan pada selubung akar rambut yang terjadi di dalam bagian depan rongga hidung anak anda, sinusitis yaitu terjadi peradangan yang terjadi di daerah sinus pada rongga daerah kanan dan kiri di atas hidung Adapun infeksi sistematik yaitu infeksi dikarenakan anak anda mengalami masalah kesehatan salah satu diantaranya adalah demam berdarah. Untuk mimisan yang disebabkan oleh infeksi sebaiknya segera diiperiksakan segera ke dokter.

Menangani anak yang mimisan dengan tepat :

– Minta anak duduk atau berdiri. Kepalanya didongakkan sedikit ke depan. Kalau sudah besar, minta dia membuang ‘ingus’-nya.

– Tekan bagian bawah hidung dengan jempol dan telunjuk selama 10 menit. Kalau sudah besar, anak bisa kok melakukannya sendiri. Setelah itu, lepas dan amati apakah perdarahan masih berlangsung. Tindakan penekanan ini bisa diulang sampai 3 kali.

-Bisa Juga ambil es batu kemudian alur dengan kain dan kompreskan pada hidung anak. Es batu akan membantu darah berhenti keluar karena sudah dibekukan.

-juga bisa menggunakan daun sirih. Ketika anak mengalami mimisan ambil satu helai daun sirih kemudian bersihkan lalu gulung dan sumbatkan pada hidung.

– Bila perdarahan masih terus berlangsung, hubungi dokter.

Yang paling penting orangtua tidak boleh panik agar bisa mengambil tindakan dengan benar,dan tidak membuat anak ketakutan dan trauma.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...