Home / Apotik Hidup / Buah Kurma dan manfaatnya

Buah Kurma dan manfaatnya

Di dunia ini andai diadakan kontes Nilai kadar gizi pada buah,Maka buah kurma akan menjadi kandidat pemenangnya, bagaimana tidak menang karena dalam buah kurmalah yang paling banyak nilai kandungan Gizi dan vitaminnya.
makanan khas buah dari timur tengah ini penuh dan kaya akan
protein, serat makanan, asam lemak tak jenuh, pektin, vitamin A, C, B1, B2, dan niasin, dan mineral aluminium, boron, kalsium, tembaga, fluor, zat besi, magnesium, mangan, kalium, selenium, sulfur, dan seng.
Ada 10 (sepuluh) manfaat buah kurma bagi tubuh manusia
1. mengontrol kadar gula darah pada kasus Diabetes
Buah Kurma memiliki indeks glikemik rendah, sehingga para penderita sakit diabetes dapat dengan aman mengkonsumsi kurma dalam jumlah sedang dengan tanpa mengakibatkan lonjakan kadar gula  berbahaya dalam darah pasien penderita diabetes.

2. Memberikan Perlindungan pada Fungsi hati (liver)
Didalam satu kajian studi ilmiah bahwa kurma yang diberikan pada hewan menunjukkan bahwa asupan asam askorbat, ternyata memberikan efek perlindungan pada hati, seperti yang ditunjukkan dengan  lebih rendahnya kadar  elevasi bilirubin plasma terhadap racun Thioacetamide setelah terpapar dalam organ hati.

3. memberikan Perlindungan pada Ginjal: Kurma juga efektif dalam mengurangi tingkat naiknya kadar kreatinin dan urea ,sebagiamana terbukti bahwa pada hewan yang telah disuntikkan “suatu Toksin” setelah diberi konsumsi  kurma derajat kerusakan tubuh akibat “nefron toksin” berkurang.
peneliti menduga bahwa efek perlindungan ini disebabkan oleh sifat antioksidan dari Buah kurma.

4.  Pengobatan Sembelit:  Buah Kurma juga mempunyai manfaat melembutkan serat, merangsang gerakan perilstatik  usus, kurma efektivifdalam mengobati sembelit.

5. Diet  : bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak (sari)  buah kurma dengan teratur  ternyata  untuk menormalkan kadar lipoprotein low-density (LDL), asam lemak bebas, dan trigliserida dalam darah buah Kurma sangatlah cocok buat pilihan

6. Untuk mencegah sakit jantung ( Kardiovaskular) : Selain mengurangi jumlah trigliserida dan LDL berbahaya dalam aliran darah, menambahkan kurma ke makanan juga mencegah pembentukan plak pada jantung dan membangun-up di arteri, sehingga peredaran darah ke jantung lancar tubuh pun akan memiliki  sistem kardiovaskular yang sehat .


7. Sebagai Antibiotik: Ternyata berdasarkan penemuan riset terbukti penggunaan buah kurma dapat memberikan efek hingga 60% seefektif ampisilin dalam memerangi bakteri umum seperti E. coli, Pseudomonas aeuroginosa, Shigella sp, dan Staphylococcus aureus.

8. Memberikan perlindungan pada Lambung

9. Anti-kanker

10. Sumber Protein Nabati (vegetarian ) : protein Kurma dianggap sebagai bentuk paling unggul dari  protein non-hewani, karena mengandung 23 jenis asam amino yang tidak selalu ditemukan dalam buah-buahan.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...