Home / Artikel Kesehatan / Cegah Resiko Gangguan Pendengaran Dengan Konsumsi Ikan 2 Kali Seminggu

Cegah Resiko Gangguan Pendengaran Dengan Konsumsi Ikan 2 Kali Seminggu

 

“Apakah anda kesulitan saat mendengar percakapan disebuah restoran yang ramai dan bising?, ataukah anda melihat orang-orang di sekitar yang sedang berbicara dengan Anda seperti orang yang sedang berguman?”

Ini adalah dua pertanyaan yang umum digunakan dalam melalukan diagnosa gangguan pendengaran pada pasien, lebih dari sepertiga orang di atas usia 65, menurut National Institutes of Health mengalami gangguan pendengaran.

Bagaiamana dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi resiko tersebut?

Jadi, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi risiko gangguan pendengaran ini? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition , Dr Sharon Curhan, seorang peneliti di Brigham dan Rumah Sakit Wanita menjelaskan bahwa Wanita yang makan ikan secara teratur memiliki risiko lebih rendah menderita gangguan pendengaran dibandingkan dengan wanita yang jarang atau tidak pernah makan ikan, bahkan Wanita yang makan dua kali atau lebih porsi ikan per minggu memiliki risiko 20 persen lebih rendah menderita gangguan pendengaran.

Dan lebih lanjut lagi ada beberapa jenis ikan yang layak dan dapat memberikan perlindungan dari penyakit gangguan pendengaran ini ,diantaranya seperti ikan Tuna, ikan salmon, dan ikan kecil lainnya
kandungan Omega-3 antioksidan, asam lemak tak jenuh ganda, dan vitamin C telah menjadi fokus penelitian tersebut tenyata bermanfaat untuk kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung, depresi, menurunnya daya ingat demikian juga dalam mengurangi resiko gangguan pendengaran.

Sebagaimana American Journal of Clinical Nutrition mengabarkan bahwa studi penelitiannya dilakukan dengan sample yang mencakup lebih dari 100.000 perawat. “Para perawat berusia 27-42 tahun ketika mereka mulai menyelesaikan survei rinci tentang apa yang mereka makan dan minum. Dan mereka juga ditanya apakah mereka punya masalah pendengaran dan, jika demikian, pada usia berapa mereka pertama kali merasakannya”

dan ternyata mengkonsumsi ikan dua kali seminggu ,memperbaiki Aliran darah ke telinga bagian dalam harus sangat baik¬† “karena konsumsi ikan lebih tinggi dapat membantu menjaga aliran darah yang memadai di indera telinga”. Hal ini dapat membantu melindungi terhadap kerusakan pendengaran

sumber
http://www.capradio.org

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...