Home / Apotik Hidup / Khasiat Damar Atau Agathis spp.

Khasiat Damar Atau Agathis spp.

Kekayaan tumbuhan Indonesia demikian besar, banyak sekali tanaman yang sebenarnya memiliki khasiat yang secara turun temurun digunakan sebagai obat berbagai penyakit. Sayang sekali tidak seperti di China, Jepang, Amerika, dan Eropa, atau bahkan dikalangan negara-negara ASEAN sekalipun seperti Singapura, Malaysia dan Thailand, riset dan pengembangan obat-obatan yang berasal dari tanaman khas Indonesia sendiri sepertinya masih tertinggal jauh.

Salah satu tanaman khas Indonesia yang memiliki khasiat bagi kesehatan adalah Damar atau Kauri memiliki nama latin Agathis  spp. yang termasuk dalam famili Araucariaceae. Pohon Damar termasuk jenis tanaman peneduh. Pohon Agathis ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 65m.

Pohon Agathis tua memiliki batang khas besar, membentuk batang dengan sedikit atau tanpa percabangan bawah mahkota. Sebaliknya pohon muda biasanya berbentuk kerucut, membentuk sebuah mahkota lebih bulat atau berbentuk tidak beraturan.

agathiss

agathis
Yang kadang membingungkan di Indonesia penggunaan istilah ‘damar’ saling tumpang tindih (rancu). Kata ‘damar’ juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut sebagai ‘kopal’. Selain itu, penggunaan istilah ‘kayu damar’ malah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu ‘Agatis’.

Berbagai spesies Agathis memberikan Resin beragam seperti kauri kopal, manila kopal, dan gumm damar. Kopal tersebut digunakan untuk cat, vernis, spiritus,  plastik, bahan sizing, pelapis tekstil, bahan waterproofing, tinta cetak, dan sebagainya. Kayunya juga bernilai ekonomi tinggi untuk pertukangan, karena memiliki ketahanan dan keawetan yang baik.

Sebagai tanaman asli Indonesia, Agathis sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Adapun jenisnya antara lain  :

Abies dammara (Lamb.) Dum.-Cours.
Agathis alba (Rumph. ex Hassk.) Foxw.
Agathis loranthifolia Salisb.
Agathis philippinensis Warb.
Agathis pinus-dammara Poir.
Agathis regia Warb.
Dammara alba Rumph. ex Hassk.
Dammara loranthifolia (Salisb.) Link
Dammara orientalis Lamb. (synonym)
Dammara rumphii Presl (synonym)
Pinus dammara Lamb. (synonym)

Agathis atau Damar dapat dibudidayakan dengan cara persemaian biji. Bibit Agathis selama dalam persemaian membutuhkan naungan serta penyiraman dilakukan 2 kali sehari. Setelah tanaman cukup besar dapat segera dipindahkan ke lahan.

Khasiat Agathis spp.

Daun muda dan kulit batang Agathis macrophylla biasa digunakan sebagai obat tradisional di Fiji. Ekstrak Agathis macrophylla memiliki aktivitas sebagai inaktivator protein tyrosine phosphatase 1B, serta menghambat sel line uji karena mengandung senyawa-senyawa norditerpenoid dan diterpenoid.

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...