Home / Berita / Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal

Disaat pasca musim hujan di daerah tropis seperti ini biasanya nyamuk berkembang biak dengan cepat, dan ini membuat kasus DBD pun meningkat. Seperti yang dikutip dari republika.co.id, Pengajar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengatakan, penyakit demam berdarah dapat ditemukan sepanjang tahun sehingga warga harus selalu siaga.
“Penyakit demam berdarah merupakan penyakit endemis di Indonesia dan kasus demam berdarah dapat kita temukan sepanjang tahun,” kata Ari Fahrial Syam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (17/3).

Dalam wawancara tersebut, Ari mengingatkan juga, bahwa panyakit demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang harusnya dapat dicegah dengan menemukan jentik dan menyosialisakan 3 M (mengubur, menguras dan menutup) yang sudah menjadi slogan Kementerian Kesehatan.

Menyemprotkan anti serangga atau anti nyamuk berbahan kimia di dalam ruangan setiap hari, kerap dilakukan masyarakat untuk menghindari gigitan nyamuk. Tentu hal ini memiliki dampak resiko kesehatan bagi tubuh kita. Walau bagaimanapun, meski diklaim aman untuk manusia dan hewan produk-produk anti nyamuk yang beredar terbuat dari bahan kimia. Dan setiap bahan kimia yang dipaparkan pada tubuh kita sedikit banyak tentu memiliki dampak negatif bagi tubuh kita.

Nah, mengapa kita tidak kembali ke alam. Bukankah sebelum ada obat semprot dan oles antinyamuk yang beredar saat ini nenek moyang kita telah menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi gangguan nyamuk. Ini dia tanaman atau bahan herbal yang ampuh dan aman untuk mengatasi gangguan nyamuk.

 

Minyak Sereh

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal

Minyak Citronella (Citronella oil) atau minyak sereh wangi diyakini bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk/serangga. Hal itu dibuktikan setelah dilakukan penelitian di Institut Pertanian Bogor (ITB).

“Berbagai khasiat itu telah diuji secara ilmiah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Penggunaan pada bayi terbukti akan terbebas dari gigitan nyamuk selama 6 jam,” ujar Presiden Direktur PT Barclay Products (Tempo Scan Group), Phillips Gunawan, memaparkan hasil penelitiannya kepada wartawan, di Jakarta, Jumat, (4/4/2014). okezone.com

Bawang putih

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal

Para peneliti masih belum memahami kenapa nyamuk tampak tidak menyukai bawang putih. Sebuah studi di India menemukan bahwa orang yang mengoles ramuan bawang putih di lengan dan kakinya tidak terganggu oleh nyamuk. Gunakan minyak bawang putih, petroleum jelly, dan lilin lebah sebagai pencegah alami. Bisa juga Anda meletakkan satu siung bawang putih di dekat Anda agar tak terganggu nyamuk. Bawang putih bisa dihaluskan lalu dicampurkan dengan minyak kelapa sebagai olesan pada kulit.

Lavender

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Tanaman berbunga ungu ini tidak disukai nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Aroma bunga lavender yang menyenangkan bagi indera penciuman manusia, ternyata memusingkan bagi nyamuk. Untuk penggunaannya, bagian bunga lavender bisa diremas lalu digosokkan ke bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian untuk menghindari gigitan nyamuk. Ekstrasi minyak atsiri dari bunga Lavender telah dikenal sejak lama sebagai bahan baku lotion anti-nyamuk.

Minyak Kedelai Organik

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Penelitian yang dikutip dalam The New England Journal of Medicine menemukan bahwa minyak kedelai yang sama efektifnya dengan DEET yang mengandung pengusir nyamuk. Minyak kedelai murah dan mudah untuk ditemukan, menjadikannya pilihan yang sangat baik. Plus, sebagai pelembab tubuh yang sangat baik. Sebagai tambahan, penelitian menunjukkan bahwa bahan dalam minyak kedelai bisa memperlambat pertumbuhan rambut tubuh ketika dioleskan. Pilih minyak kedelai organik jika mungkin, karena banyak tanaman kedelai sekarang rekayasa genetik.

Kulit Jeruk

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Kandungan kulit jeruk yang berguna mengusir nyamuk adalah sitronela. Zat atau senyawa ini bisa digunakan sebagai anti nyamuk. Aroma minyak atsiri yang menyengat membuat nyamuk tidak mau mendekat apalagi menggigit.

 

 

 

 

Teratai

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Penelitian baru yang dipublikasikan dalam Journal of Asian Pacific Tropical Medicine menunjukkan bahwa teratai merupakan obat nyamuk yang efektif dan juga membantu membunuh larva nyamuk. Karena teratai tumbuh di air itu adalah pilihan yang baik sebagai pembasmi alami di kolam halaman belakang.

 

 

Lada Hitam

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Penelitian baru dari studi yang sama menunjukkan bahwa ekstrak  lada hitam (penelitian menggunakan ekstrak alkohol tetapi minyak esensial lada hitam mungkin efektif juga) lada hitam efektif dalam mengusir  nyamuk.

 

 

 

 

Bunga Geranium

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Geranium atau Tapak Dara tumbuh liar disekitar sawah dan digunakan untuk mengusir nyamuk dan ngengat. Untuk mengusir nyamuk, Geranium ditanam di pekarangan rumah, lalu daunnya bergoyang-goyang karena tertiup angin, lalu keluar bau wangi yang khas. Bau tersebut berasal dari kandungan yang dimiliki geranium, yakni zat citronella yang ampuh untuk mengusir nyamuk.

 

 

Catnip

Demam Berdarah Dan Antinyamuk Alamiah Berbahan Herbal Catnip adalah sejenis bunga yang mengeluarkan aroma mint yang biasanya sangat di sukai kucing. Adakah yang tau catnip dalam bahasa indonesia apa ya? aroma yang dikeluarkan oleh tanaman catnip membuat nyamuk tidak betah dan tidak mau dekat-dekat rumah kita.

 

 

 

Resep Lotion Antinyamuk buatan sendiri

campur sekitar 30 tetes minyak esensial dari catnip, serai, lavender, nimba, dan lada hitam ( jadi masing-masing sekitar 6 tetes l) menjadi sekitar 30 mL, campurkan dengan minyak kedelai organik 70 ml, dijadikan lotion antinyamuk. Gunakan seperlunya.

 

Check Also

5 Ramuan Alami Atasi Luka Terbuka, Luka Memar dan Luka Bakar

Luka memang hal yang sudah akrab dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan tidak ada ...

...