Home / Apotik Hidup / Ginkgo Biloba Lawan Kepikunan dan Diabetes

Ginkgo Biloba Lawan Kepikunan dan Diabetes

Ginkgo biloba adalah pohon dengan spesies tertua yang masih hidup. Tanaman ini Asli Asia, biasanya ditanam sebagai tanaman hias dan diambil manfaat sifat obatnya dari  daun dan bijinya. Ginkgo biloba telah menjadi pokok dalam pengobatan tradisional Cina selama ribuan tahun, dan sekarang digunakan untuk mengobati keletihan, demensia, penyakit pernapasan, disfungsi seksual, dan tinnitus.

Sejumlah penelitian telah dilakukan, beberapa temuan awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba membantu tubuh untuk mengatur respon terhadap insulin, sehingga memperbaiki kadar gula dalam darah. Hal ini juga diyakini juga untuk memperbaiki sirkulasi darah yang buruk.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ginkgo dapat membantu dengan masalah daya ingat yang disebabkan oleh demensia atau penyakit Alzheimer. Tampaknya untuk membantu mencegah perkembangan gejala demensia, terutama jika demensia diperkirakan akibat penyakit vaskular aterosklerosis. Tapi, tanaman ini tampaknya tidak mencegah demensia atau Alzheimer itu sendiri.

Ada bukti yang menunjukkan bahwa ginkgo dapat meredakan rasa sakit kaki yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Hal ini juga dapat membantu dengan sejumlah masalah sirkulasi lainnya. Selain itu, ginkgo dapat meringankan gejala PMS, seperti nyeri payudara dan perubahan mood.

Para peneliti telah mempelajari ginkgo untuk berbagai kondisi lainnya, termasuk ADHD, depresi dan kondisi psikologis lain, multiple sklerosis, dan tinnitus yang  berasal dari pembuluh darah. Beberapa orang juga menggunakan ginkgo untuk mencegah penyakit ketinggian, meskipun penelitian belum membuktikan bahwa tanaman ini efektif untuk itu. Banyak kegunaan ginkgo yang menjanjkan, tapi dibutuhan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

Berapa dosis yang disarankan untuk penggunaan ginkgo?

Tidak ada standar dosis untuk suplemen ginkgo biloba. Namun, dalam penelitian medis, hampir semua uji klinis telah menggunakan ekstrak standar ginkgo, standar untuk 24% glikosida flavon dan terpene 6% lakton. Dosis umum pada orang dengan demensia adalah 40 miligram ekstrak tiga kali sehari. Untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang sehat, penelitian telah digunakan antara 120 miligram hingga 600 miligram ekstrak setiap hari.

Tidak peduli apa sebabnya Anda menggunakan ginkgo, ahli menyarankan mulai dengan dosis rendah (120 miligram setiap hari) dan meningkat secara bertahap. Sebaiknya kosnsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.

Sumber : webmd.com

 

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...