Home / Apotik Hidup / Ingin Cantik Dan Sehat? Konsumsi Buah Markisa!

Ingin Cantik Dan Sehat? Konsumsi Buah Markisa!

Markisa memiliki rasa asam dan buah markisa yang menyegarkan bisa dijadikan, dicampur minuman atau jus karena memiliki rasa yang unik, tetapi ternyata manfaat Buah Markisa memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Markisa ini sangat kaya serat, vitamin B dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya buah Markisa bukanlah tanaman asli Indonesia, tetapi merupakan buah asli dari Amerika Latin. tanaman yang berasal dari Luar Negeri Amerika Selatan yaitu Negara Brasil, yang menyebar sampai ke Indonesia. Di negara asalnya Markisa tumbuh liar dihutan-hutan basah yang mempunyai ratusan Species Passiflora.
Ada lebih dari 500 jenis tanaman markisa, namun yang paling populer dibudidayakan adalah jenis markisa ungu dan kuning. Buah ini memiliki bentuk oval bulat, dengan diamter4 sampai 8 cm diameter, bercangkang keras seperti kulit manggis. Berat yang bisa dicapai rata-rata sekitar 35-50 g.

Buah Markisa Masak
Buah Markisa Masak

Buah markisa biasanya dapat dikonsumsi langsung atau diambil sarinya untuk dibuat jus, sirup, es krim dan olahan lainnya. Buah markisa ini akan sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit, kandungan Vitamin C yang baik untuk meremajakan kulit, menjaga ketahanan tubuh, mengobati gejala asma dan berbagai penyakit lainnya akan sangat bermanfaat, zat histamin atau zat anti alergi akan membantu memblokir alergi bagi penderita asma, sedangkan vitamin c akan membuat kulit wajah menjadi cerah.
Penelitian invitro di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Fitokimia tersebut antara lain polifenol dan karotenoid.

Kandungan fitokimia yang lain dalam markisa adalah harman, harmol, harmalin, passaflorine, harmine, karotenoid, viteksin, krisin, dan isoviteksin. Sedangkan kandungan gizinya antara lain: energi, lemak, protein, serat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam askorbat, dan asam sitrat.khasiat dan manfaat buah markisa untuk menyembuhkan gejala alergi kronis. Juga pemulihan kondisi pasien liver dan ginjal, serta memicu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah. Bahkan, markisa juga mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, bisa meningkatkan kesegaran kulit tubuh dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.
Buah markisa kaya vitamin-vitamin B yang menenangkan dan potassium yang merilekskan system syaraf. Orang-orang Amerika Selatan secara tradisional makan markisa untuk membantu tidur. Bahkan menurut mereka, makan 1 buah markisa sebelum tidur bisa membuat mimpi indah.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...