Home / Apotik Hidup / Jeruk Nipis Buah Terbaik Untuk Kesehatan

Jeruk Nipis Buah Terbaik Untuk Kesehatan

Jeruk nipis  (Citrus Aurantium) merupakan salah satu varian dari buah jeruk yang sudah kita kenal. Buah ini tentunya memilikli karakteristik yang berbeda dari buah jeruk lainnya. Bentuk fisik buah ini yaitu bulat dan relatif kecil serta memiliki kulit yang hijau tua. Rasa jeruk nipis sangatlah asam bagi siapapun yang mencicipi daging buahnya. Berkaitan dengan manfaatnya, buah ini sangatlah kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Kandungan kimia utama Jeruk nipis adalah Synephrine, yaitu  senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium ini. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin ditemukan di banyak obat tumor,  suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi.

– Manfaat jeruk nipis lainnya adalah untuk perawatan kulit. Jus jeruk nipis dan minyak jeruk nipis yang terdapat pada kulit buahnya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Jeruk nipis dapat meremajakan kulit, membuatnya bercahaya, melindungi kulit dari infeksi dan bau badan. Bila dioleskan ke kulit, jeruk nipis bermanfaat mengangkat sel kulit mati, menangkal ketombe pada kulit kepala. Manfaat jeruk nipis juga dapat kita rasakan pada saat mandi, bila minyak jeruk nipis dicampurkan dengan air mandi maka sensasinya akan terasa menyegarkan.

– Jeruk nipis juga dapat membantu pencernaan, manfaat jeruk nipis adalah untuk merangsang sistem pencernaan dengan cara memacu pengeluaran enzim pencernaan, asam empedu, serta menggerakkan sistem peristaltik pencernaan. Mekanisme ini dapat pula membantu orang yang mengalami sembelit atau susah buang air besar agar lebih sering buang air besar.

– Manfaat jeruk nipis juga sebagai pereda masalah pernafasan, cukup hirup pelan-pelan minyak jeruk nipis (ada di kulit buahnya) untuk meredakan hidung tersumbat, juga mual. Hal ini karena di dalam minyak jeruk nipis terkandung kaempferol. Jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin C pada jeruk nipis melindungi mata dari kerusakan oksidatif.

– Manfaat jeruk nipis juga sebagai obat gout. Gout diakibatkan oleh penumpukan toksin di dalam tubuh, yakni asam urat dan juga penumpukan radikal bebas. Kandungan antioksidan vitamin C di dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, serta kandungan flavonoid jeruk nipis bermanfaat untuk detoksifikasi. Kombinasi kedua zat aktif ini membuat jeruk nipis bermanfaat sebagai obat gout.

– Solusi Pencegah Diabetes Yang Efektif. Jeruk nipis mengandung serat larut yang cukup melimpah. Serat larut ini berfungsi untuk mengatur kadar gula di dalam darah. Sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan kadar gula didalam darah secara berlebihan.

– Jantung Yang Lebih Sehat Dan Kuat. Jeruk nipis berperan menurunkan tekanan darah, memusnahkan kolesterol jahat dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang mana berkontribusi besar pada makin menurunnya penyakit jantung maupun stroke.

– Pencegah Dari Gangguan Sembelit. Sembelit atau susah air besar merupakan gangguan kesehatan yang sangat menyiksa bagi sebagian orang.Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah gangguan kesehatan yaitu sembelit.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...