Home / Apotik Hidup / Khasiat Kacapiring mulai detoksifikasi, antitumor sampai penyakit pankreatis

Khasiat Kacapiring mulai detoksifikasi, antitumor sampai penyakit pankreatis

Kacapiring atau dalam nama latin disebut Gardenia Augusta termasuk pada familia Rubiaceae. Tanaman ini banyak dipelihara sebgai tanaman hias atau pagar hijau untuk memperindah halaman, dan juga memiliki aroma bunga harum. Karena memiliki aroma yang harum oleh bunganya, Kaca \piring mempunyai nilai komersial untuk dibuat sebagai bahan pembuat minyak wangi.

Gardenia Augusta
Gardenia Augusta

Tidak hanya wangi Kacapiring ternyata memiliki khasiat yang banyak. Daun kacapiring mempunyai kandungan zat minyak atsiri, antara lain mengandung unsur linalool dan styrolyl. Tanaman ini berkhasiat mengobati diabetes melitus, sariawan, demam dan sukar buang air besar. Buinganya yang putih dan wangi dapat dijadikan bahan lulur agar kulit bersuh dan wangi. Sementara buahnya yang berwarna kuning mengandung crocin (salah satu jenis karotrenoida) sering digunakan sebagai pewarna pada kue tradisional (wagashi). asinan lobak (takuan) dan pencelupan tekstil di Jepang. Selain itu pada buah juga mengandung senyawa aktif glikosida iridoid yang disebut geniposida yang digunakan untuk mengobati demam yang disertai  peradangan, juga mengobati infeksi. Ekstrak Gardenia yang diberikan pada hewan coba terbukti mampu menurunkan kadar billirubin darah. Hasil ini memberikan informasi penting mengapa kacapiring digunakan untuk mengobati gangguan hepar.

Geniposida pada buah kacapiring berkhasiat sebagai hepatoprotektor, dan juga berkhasiat sebagai antitumor. Pada pengujian terhadap  hewan coba diketahui senyawa pentaasetil geniposida tidak menyebabkan toksisitas pada liver, jantung dan ginjal. Dengan demikian ekstrak buah kacapiring relatif aman untuk dikonsumsi bahkan prospektif untuk dikembangkan sebagai obat antitumor. Penelitian ini juga didukung dengan penelitian lainnya yang menmyatakan bahwa senyaea geniposida yang berhasil diisolasi dari kacapiring ini juga mempunyai kemampuan detoksifikasi , antioksidan dan antikarsinogenesis.

Hasil percobaan pada hewan coba mencit membuktikan bahwa kacapiring dapat mengurangi  tingkat keparahan pada penyakit pankreatitis, dan juga dapat menurunkan tekanan darah juga mengurangi nyeri dan kejang-kejang. Selain daun dan buah, bunga kacapiring juga berkhasiat sebagai obat. Sebuah penelitian membuktikan bunga kacapiring juga mnegandung senyawa iridoid yang berkhasiat sebagai antimikroba, terutama melawan bakteri E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, dan jamur Candida albicans.

Buah, bunga, dan daun kacapiring relatif aman digunakan sebagai obat. Hanya saja harus berhati-hati mengonsumsi atau menggunakan buah kacapiring ini, karena dapat menyebabkan diare. Umumnya dosis untuk penggunaan buah kacapiring adalah 3-12 gram per hari.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...