Home / Apotik Hidup / Kahasiat dan Manfaat Kaktus Si Pohon Berduri

Kahasiat dan Manfaat Kaktus Si Pohon Berduri

Kaktus biasanya ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah. Bentuknya yang unik dan berduri memiliki daya tarikter sendiri bagi penggemar tanaman hias kaktus ini.Tapi tak banyak yang tahu jika kaktus ini memiliki khasiat yang luar biasa. Ah,masak? Yuk simak yang di bawah ini!

Kaktus jenis carnegiae gigantean dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat tepung untuk membuat roti. Tidak hanya itu, akar dari kaktus jenis Echinocactus platycathus juga dapat diolah sebagai cairan gula untuk pembuatan permen.

Sedangkan Kaktus pir berduri, memiliki nama ilmiah “Opuntia ficus indica”, mengandung flavonoid yang sangat kaya. Flavonoid sangat dikenal terutama atas kemampuan antioksidan sehingga disebut “pengubah respon biologi alami”. Tak lain zat ini mampu mendukung mengubah reaksi tubuh terhadap alergen dan virus. Banyak laporan menyatakan jika flavonoid berperan besar melawan karsinogen, dan menciptakan aktivitas anti kanker. Zat ini sendiri banyak dikandung teh hijau, coklat, dan beberapa jenis buah.

Penelitian terbaru menemukan jika kaktus membantu menyembuhkan luka atau penyakit dari dalam. Dengan melindungi sistem kekebalan dan menmenyingkirkan radikal bebas dalam tubuh, pir berduri ini berpotensi memperlambat penuaan, dan terus-menerus membantu fungis organ bekerja maksimal. Selain itu, buah kaktus pun teruji efektif menurunkan tekanan darah dan menjaga kadar LDL alias kolesterol jahat pada level rendah serta meminimalkan ancaman jantung kelebihan beban kerja.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...