Home / Apotik Hidup / Kandungan Zat Berkhasiat Dan Manfaat Jambu Biji

Kandungan Zat Berkhasiat Dan Manfaat Jambu Biji

Anda penggemar buah Jambu Biji? Jambu biji, atau jambu batu, jambu siki, atau jambu perawas atau juga disebut Jambu klutuk sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tanaman dengan  nama latin Psidium guajava L adalah  tanaman asli Brasil yang tersebar ke indonesia melalui Thailand. Buahnya yang masak biasanya dimakan begitu saja, atau lebih segar lagi dibuat minuman jus atau setup. Daging buahnya ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna merah muda.

Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah

Bagian tanaman ini yang dapat digunakan sebagai bahan pengobatan adalah daun, buah dan kulitnya. Buah jambu biji memiliki nilai gizi yang tinggi terutama kandungan vitamin A dan mineral. Senyawa-senyawa lainnya yaitu limonene, pinea, bisabolena, humelena, salinena, kadinena dan hapaena. Bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gusi, gigi, dan pembuluh kapiler serta membantu penyerapan zat besi dan mempercepat penyembuhan luka. Buah jambu biji dapat dikonsumsi dengan berbagai bentuk seperti pasta, jeli, selai, jus, dan dodol.

Daun  Jambu biji memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi, terutama quercetin. Senyawa tersebut bermanfaat sebagai antibakteri untuk mengobati diare, disentri, haid tidak lancar, keputihan, pencernaan tidak baik pada anak, radang usus, sariawan usus, panu, muntaber, maag dan sakit kulit.

Bunga, kulit batang dan buah mentah jambu biji juga bermanfaat sebagai antiseptik, penyembuhan diare dan sakit perut. Kandungan polifenolnya berkhasiat sebagai antioksidan. Akar jambu biji mengandung betasilosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sedangkan kandungan quercetin sebagai antioksidan.

Ekstrak daun, kulit akar, air buah jambu biji merah lokal, air buah jambu bangkok mempunyai efek antihistamin. Sari buah jambu biji dapat menaikkan kadar haemoglobin. Senyawa Galokatekin dari golonga fenoldalam daun jambu biji mempunyai aktivitas antimutagenik.

Tanin dan polifenol mempunyai aktivitas anti diare dan antimikroba. Kandungan minyak atsiri dalam daun jambu biji mempunyai aktivitas antiinflamasi dan analgesik. Ekstrak daun  sebagai antioksidan. kandungan astrinet yang terdapat pada jambu biji mampu meningkatkan tekstur kulit serta membuat kulit yang mulai kendur menjadi kencang kembali.

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...