Home / Artikel Kesehatan / Kanker ternyata beresiko dari gen yang kita warisi lewat orang tua

Kanker ternyata beresiko dari gen yang kita warisi lewat orang tua

letak pankreas yang berada di organ dalam perut sehingga sulit untuk melakukan early detection (deteksi dini). Kalau kanker masih dalam stadium awal maka tidak akan muncul
gejala, tapi jika kanker tersebut sudah besar dan menekan saluran getah pankreas maka baru timbul rasa nyeri.
“Tapi kadang-kadang rasa nyeri yang timbul sering dianggap sebagai nyeri lambung karena letaknya yang dekat, jadi orang sering mengira itu maag atau gastritis.

Penelitian baru yang memberikan pemahaman  lebih baik tentang kanker pankreas baru-baru ini dipublikasikan,penemuan ini dapat membantu mengidentifikasi individu pada peningkatan risiko kanker pankreas demikian dari American Cancer Society memaparkan.
begitu pentingnya temuan ilmiah ini mengapa demikian karena,penyakit Kanker pankreas adalah kanker tersembunyi yang biasanya terdeteksi pada tahap sangat terlambat dan memiliki tingkat ketahanan hidup 5 tahun kurang dari 5 persen.

Andrew Biankin, MBBS, PhD, dari University of Glasgow, di Skotlandia, dan koleganya mempelajari 766 pasien yang telah didiagnosis dengan kanker pankreas, ternyata pasien-pasien tersebut setelah diteliti memiliki kecenderungan gen kanker pankreas yang diwariskan dari keluarga kerabat terdekatnya dan menjadi lebih cepat bermutasi menjadi sel ganas kanker karena efek merokok.
Hampir 9 persen pasien yang didiagnosis dengan kanker pankreas memiliki setidaknya satu orang tua atau saudara kandung yang juga didiagnosa menderita kanker pankreas, dari penilitian ini maka dapatlah disimpulkan  ” menunjukkan bahwa gen yang kita warisi dari orang tua kita ternyata  memainkan peran penting dalam  tumbuh dan berkembangnya sel kanker pankreas dalam kehidupan kita”

 

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...