Home / Apotik Hidup / Ketumbar Bumbu Masak Kaya Khasiat

Ketumbar Bumbu Masak Kaya Khasiat

Ketumbar memang sejak dahulu digunakan sebagai rempah yang digunakan untuk menyedapkan masakan, perkembangan tehknologi juga membuat ketumbar dijadikan  produk rempah ketumbar di produksi  dan di komposisikan dengan rempah lain yang dijadikan sebagai  produk penyedap masakan yang siap saji, penyajiannya pun juga sangat instan.

Ketumbar atau disebut juga Cilantro, yang dalam bahasa latin disebut dengan Coriandrum sativum ini memiliki kandungan vitamin K. Kandungan vitamin K yang dimiliki ketumbar berpotensi dalam membangun massa tulang. Mengonsumsi vitamin K secara seimbang akan memberi dukungan pada kesehatan tulang dalam tubuh.

Pemanfaatan ketumbar diambil dari daun, biji dan buahnya. Disebutkan pula, ketumbar mengandung lemak dan abu. Sedangkan dalam catatan ensiklopedi Wikipedia disebutkan, khasiat ketumbar tidak sebatas pelancar proses pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Pada bijinya, ketumbar mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A karoten dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami.
Manfaat ketumbar untuk wanita terutama bagi yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Rebus 6 gram biji ketumbar dalam 500 ml air lalu tambahkan gula. Minumlah selagi hangat. Jika anda menderita radang sendi (arthritis), bisa dicoba resep ketumbar dengan memanfaatkan khasiat (sifat) antiinflamasinya. Rebus saja biji ketumbar dengan air dan minumlah untuk meredakan nyeri radang sendi. Diketahui juga bahwa ketumbar bisa untuk menurunkan gula darah dengan merangsang sekresi insulin.Tanaman herbal ini juga telah dikenal sebagai ‘tanaman anti-diabetes’. Ketumbar membantu kinerja jantung dengan menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Sedangkan untuk kecantikan kulit, ketumbar juga tidak kalah dalam hal membersihkan jerawat. Aduk bubuk ketumbar dengan bubuk kunyit yang diberi air secukupnya lalu oleskan pada jerawat dan komedo.

Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar diberi nama phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar juga beraroma tajam. Khasiatnya pun sangat banyak diantaranya :

Sumber vitamin
Daun ketumbar tercatat menyimpan vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Ketiganya berguna untuk mendukung kesehatan rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar juga menjadi sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium.

Mencegah batu ginjal
Daun ini bisa berfungsi sebagai diuretik alami yang bermanfaat untuk mengeluarkan urin atau air seni lebih banya. Daun ketumbar juga bisa membantu mendetoks ginjal anda sehingga mampu mencegah anda untuk terkena penyakit batu ginjal.

Menurunkan gula darah
Kolesterol adalah lemak esensial yang bisa menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, stroke, dan gagal jantung. Daun ketumbar secara alami dapat membantu menurunkan gula darah berkat kandungan kalium dan natrium di dalamnya.

Mengusir racun dalam tubuh
Logam berat seperti timah, aluminium, dan merkuri terakumulasi dalam tubuh manusia dengan jangka waktu yang lama. Seiring berjalannya waktu, racun dan logam ini dapat menyebabkan penyakit seperti demensia, autisme, dan infertilitas. Daun ketumbar mampu menghilangkan racun dan logam-logam tersebut yang ada dalam tubuh.

Mengurangi rasa cemas
Daun ketumbar bisa membantu mengusir stres dan menenangkan saraf. Otot-otot anda yang tegang akan menjadi lemas kembali dan rasa cemas pun akan berkurang.

Mencegah pembekuan darah dan osteoporosis
Daun ketumbar mengandung vitamin K yang cukup tinggi di mana tidak hanya baik untuk kesehatan tulang namun juga berperan penting dalam mencegah pembekuan darah.

Menyembuhkan infeksi saluran kemih
Selain bisa membantu membersihkan ginjal, daun ketumbar juga mampu membantu membersihkan saluran kemih yang pada akhirnya dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...