Home / Apotik Hidup / Khasiat Dan Cara Meramu Meniran Sebagai Obat

Khasiat Dan Cara Meramu Meniran Sebagai Obat

Meniran ialah tanaman semak semusim dengan tinggi 30 cm dan 60 cm, tanaman ini termasuk dalam keluarga Euphorbiaceae. Biasanya digunakan sebagai bahan sayuran di beberapa daerah di Indonesia.

Meniran ( phyllanthus niruri ) memiliki aktifitas sebagai hepatoprotektor, antihepatitis, dan antioksidan. Ekstrak metanol meniran dilaporkan memiliki aktivitas antiplasmodia, menghambat patogenitas atau kemampuan yang dimiliki oleh bibit penyakit untuk membuat orang menjadi sakit dari plasmodium atau genus protozoa parasit, senyawa corilagin (salah satu senyawa polimer dari asam galat) dari meniran memiliki aktivitas antihiperalsesia (peredam rasa nyeri yang hebat). Secara empiris meniran digunakan sebagai obat sakit kuning, malaria, ayan, demam, batuk, disentri, luka, dan jerawat.

1. Penggunaan tanaman meniran untuk pengobatan sakit kuning dapat menggunakan16 tanaman meniran ( akar, daun, batang) dicuci dan ditumbuk halus direbus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Rebusan  disaring dan diminum setiap hari.

2. Sedangkan untuk pengobatan malaria  dapat digunakan 7 batang tanaman meniran, 5 bunga cengkih kering dan 1 potong kayu manis dicuci lalu ditumbuk halus. Bahan yang telah halus direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. rebusan disaring dan diminum 2 kali sehari.

3. Ayan : 17-21 batang tanaman meniran dicuci bersih kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tinggal setengah bagian, disaring dan diminum 1 kali sehari 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut.

4. Demam : 3-7 batang tanaman meniran dicuci kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas, disaring diminumkan pada penderita.

5. Batuk : 3-7 batang tanaman meniran dicuci lalu ditumbuk sampai halus, tambahkan 3 sdm air masak dan 1 sendok makan madu, aduk dan diminum sekaligus.

6. Haid berlebihan : 3-7 batang tanaman meniran kering ditumbuk halus lalu direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Ditambahkan 1 gelas air tajin ke dalamnya aduk sampai rata. Ramuan disaring dan diminum 2 kali pagi dan sore.

7. Disentri : 17 batang tanaman meniran direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, saring dindinkan lalu diminum 2 kali sehari pagi dan sore hari.

8. Luka koreng : 9-15 batang tanaman dicuci bersih lalu ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 cerek air. Air rebusan dalam keadaan hangat dipakai untuk mandi.

9. Obat Jerawat : 7 batang tanaman meniran dan 1 rimpang umbi kunyit cuci bersih, ditumbuk halus. Rebus bahan dengan 2 gelas air sampai medidih hingga tinggal separuhnya, sarin diminum dalam keadaan dingin.

 

Check Also

Kulit Pohon Jamblang Untuk Obati Penyakit Beser

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol keinginan berkemih sehingga sering terjadi kebocoran ...

...