Home / Apotik Hidup / Khasiat dan Manfaat Kunci Pepet

Khasiat dan Manfaat Kunci Pepet

Bagi Ibu-ibu pecinta jamu mungkin sudah biasa mendengar nama Kunci Pepet. Memang biasanya rimpang Kunci Pepet digunakan sebagai jamu bagi wanita nifas. Kunci Pepet dengan nama ilmiah Kaempferia rotunda merupakan tanaman terna rendah dengan bentuk daun yang indah. Tak sadlah jika beberapa orang menanamnya sebagai tanaman hias di halaman rumah, atau bahkan tumbuh liar di bebrapa daerah di Indonesia. Tanaman dapat diperbanyak dengan cara menyetek karena tanaman ini tak pernah berbuah.

Rimpang Kunci Pepet
Rimpang Kunci Pepet

Khasiat Kunci Pepet

Kunci Pepet digunakan untuk obat sakit perut. Umbi Kunci Pepet juga digunakan untuk bedak karena memiliki efek menghambat kerja tirosinase sehingga menghambat penghitaman kulit. Rimpang Kunci Pepet juga memiliki efek anti aggregasi, anti oksidan, antibakteri dan antiproliferasi. Dalam jamu tradisional, digunakan untuk wanita nifas, dapat pula sebagai penambah nafsu makan dengan mencampurkan genber, lada dan gula jawa.

Untuk mengatasi bengkak, memar dan bisul, rimpang induk kunci pepet dicuci lalu ditumbuk halus, lalu di balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Check Also

Teh Akar Dandelion Membunuh Lebih Dari 96% Sel Kanker Leukimia Hanya Dalam Waktu 48 Jam

Leukemia adalah penyakit yang dikaitkan dengan penggunaan obat-obatan dan kemoterapi, kesejahteraan secara umum dan rendahnya ...

...