Home / Apotik Hidup / Khasiat Jamblang Atau Duwet, Yang Sepet-Sepet Asam Manis

Khasiat Jamblang Atau Duwet, Yang Sepet-Sepet Asam Manis

Pernah makan Jamblang atau juga disebut Duwet?  Kalau pernah berarti tahu dong rasanya anggur jawa yang manis asamplus sepet? (demikian sebutan beberapa teman pada buah ini, mungkin karena bentuk  dan warnanya mirip anggur). Tapi tahukah Anda, bila Duwet atau Jamblang ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Tanaman Jamblang atau Syzigium cuminii nama latinnya diketahui mengandung antosianin,asamelagat, quercetin, rutin, karetonoid, glukosida,kamferol,miresetin,alkaloida,dan jambosina. Selain itu Jamblang juga kaya akan vitamin C, protein dan kalsium. Juga mengandung vitamin C dan polifenol yang sangat tinggi.

Khasiat Jamblang

Jambang diketahui memiliki banyak khasiat, terutama secara tradisional digunakan dalam membantu pengobatan diabetes.  Selain itu secara ilmiah tanaman ini terbukti berpotensi dalam penyembuhan penyakit gula darah. Secara empirisjuga terbukti dapat mengobai sariawan,sakit tenggorokkan  dan saluran pernafasan,diare, obat luka bakar. Khasiat lain adalah sebagai antibakteri, antiinflamasi,antioksidan,antifungi, anialergi, antivirus,antipiretik,  antikanker. Selain itu juga sebagai diuretik, kedmopreventif, radioprotektif, hepatoprotektif, dan kardioprotektif.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...