Home / Apotik Hidup / Khasiat Nangka Dari Buah, Daun Hingga Bijinya

Khasiat Nangka Dari Buah, Daun Hingga Bijinya

Buah Nangka Masak

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah Nangka? Buah Nangka memiliki rasa manis yang enak dan unik. Tak salah banyak pelaku kuliner yang membuat Nangka sebagai bahan pembuat makanan. Mulai dari buah mentah sampai yang sudah masak dapat diolah menjadi makanan yang lezat. Bila buah yang mentah dapat diolah menjadi sayur Nangka, sedangkan buah masak dapat dijadikan campuran pada beberapa macam jenis kue dan es campur. Bahkan beberapa orang mengolahnya menjadi keripik Nangka yang lezat.

Artocarpus heterohyllus
Artocarpus heterohyllus

Tanaman Nangka sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Nangka denga nama latin Artocarpus heterohyllus dapat tumbuh tinggi sampai 30 m. Tak hanya buahnya saja yang digunakan atau dikonsumsi, daun dan biji Nangka juga memiliki nila gizi dan khasiat tersendiri.

Tak hanya dagingnya yang nikmat dengan sejumlah nutrisi yang disimpannya. Daun nangka pun tak mau kalah dengan induknya, sebab dapat dijadikan pakan favorit hewan ternak seperti kambing, domba dan sapi. Kulit batangnya yang berserat bisa dirubah menjadi tali dan juga bahan pakaian pada masa lalu. Sementara getahnya yang cukup lengket bisa dijadikan bahan campuran untuk memerangkap burung, menambal perahu dan lain sebagainya.

 

Buah Nangka Masak
Buah Nangka Masak

Kandungan gizi buah Nangka

Nilai gizi Nangka gizi per 100 g.
(Sumber: USDA)
Energi 95 Kcal 5%
Karbohidrat 23,5 g 18%
Protein 1,72 g 3%
Total Lemak 0.64 g 3%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 1,5 g 4%
Vitamin
Folat 24 mg 6%
Niacin 0.920 mg 6%
Pyridoxine 0.329 mg 25%
Riboflavin 0,055 mg 4%
Thiamin 0,105 mg 9%
Vitamin A 110 IU 3,5%
Vitamin C 13.7 mg 23%
Vitamin E 0,34 mg 2%     Elektrolit
Sodium 3 mg 0%
Kalium 303 mg 6,5%
Mineral
Kalsium 34 mg 3,4%
Besi 0.60 mg 7,5%
Magnesium 37 mg 9%
Mangan 0,197 mg 8,5%
Fosfor 36 mg 5%
Fosfor 21 mg 3%

Khasiat Nangka

Nangka mengandung banyak senyawa antioksidan sehingga baik untuk mencegah kanker. Selain itu daun Nangka juga berguna mengatasi penyakit Diabetes. Nangka juga memiliki aktivitas antibakteri dan baik juga sebagai pemutih kulit. Buah Nangka juga baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi, penderita stroke dan serangan jantung. Pasalnya didalam satu buah nangka terkandung kalium yang berguna untuk menjaga cairan tubuh dan mengontrol tekanan darah.

Sedangkan Biji nangka memiliki kandungan serat, karbohidrat, protein, vitamin A,B, dan C, seng, fosfor, serta kalsium yang tinggi. Kebanyakan orang langsung membuang biji nangka sehabis menikmati buahnya. Padahal, biji nangka bisa dikonsumsi dengan merebusnya atau dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Biji nangka juga mengandung fitronutrien seperti isoflavon, saponin, dan lignin yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas penyebab kanker.

 

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...