Home / Apotik Hidup / Kopi Kawa, Minuman Dari Daun Kopi Yang Nikmat Dan Berkhasiat

Kopi Kawa, Minuman Dari Daun Kopi Yang Nikmat Dan Berkhasiat

Kopi Kawa, Minuman Dari Daun Kopi Yang Nikmat Dan Berkhasiat Tahukah Anda selain bijinya ternyata daun kopi juga memiliki khasiat yang tak kalah besar manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Di Sumatera Barat dari zaman dahulu hingga kini daun kopi dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan tubuh dan juga bermanfaat sebagai pencegah beberapa penyakit disebut juga Kopi Kawa. Seduhan daun kopi dihidangkan dengan tambahan telur bebek dan gula merah/gula batu. Di Sumatera minuman ini dinamakan kopi talui/kopi telur,rasanya enak sekali. Untuk membuat larutan daun kopi, sebelumnya beberapa daun kopi dipanggang di atas api sampai berwarna kecokelatan,lalu daun kopi panggang tersebut direbus sampai medidih dalam kuali yang terbuat dari  tanah liathingga larut.

Di Jawa Timur dahulu daun kopi biasa diminum sebagai pengganti daun teh,dengan cara merendam daun kopi yang sudah dipanggang  kecokelatan ke dalam teko berisi air panas. Khasiat daun teh lainnya adalah dapat melancarkan saluran pernapasan dan menambah stamnina.Hal ini mungkin juga dipengaruhi dari kandungannya yang tidak beda jauh dengan biji kopi. Daun kopi yang masih muda dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Teh dari daun kopi ternyata lebih sehgat ketimbang teh dan kopi sendiri, teh daun kopi mengandung senyawa bermanfaat mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes. Daun Kopi mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan teh biasa. Jumlahnya jauh lebih tinggi daripada teh hijau dan teh hitam. Daun kopi juga mengandung bahan kimia alami mangiferin yang berkhasiat mengatasi masalah peradangan. Bahan kimia alami ini biasanya ditemukan pada buah mangga. Ditemukan juga zat dalm level tinggi dalam daun kopi arabika. Teh daun kopi  mengandung kafein yang rendah dan memiliki rasa yang biasa,tidak pahit seperti teh atau sekuat kopi. Diantara tujuh spesies,kopi arabika lah yang mengandung mangiferin paling tinggi. Seperti diketahu mangiferin berkhasiat antiinflamasi, mengurang resiko diabetes, kolesterol darah,dan melindungi neuron di otak. Meski demikian para peneliti mengakui dampak dari senyawa yang ditemukan dalam daun kopi pada tubuh manusia memerlukan peneletian lebih lanjut.

Resep Ramuan Daun Kopi Untuk Pengobatan

1. Antihipertensi

Cuci dan rebus 20 helai daun kopi yang masih muda hingga mendidih,aduk pelan-pelan sampai rebusan berwarna merah. Tuang ke dalam gelas,lalu masukkan gula pasir atau gula batu, minum selagi hangat. Atau ada juga yang menyebutkan 10 helai daun kopi dimakan langsung.

2. Melancarkan saluran pernafasan

Buat seduhan daun kopi bersama jahe , sehingga mendapatkan efek ganda pelancar saluran nafas dan penghangat tubuh.

3. Menambah stamina dan vitalitascaranya adalah mencampurkan seduhan air kawa dengan telur dan madu.

Baca juga Minum Kopi Untuk Dapatkan Khasiat Hebatnya

 

 

Check Also

Kulit Pohon Jamblang Untuk Obati Penyakit Beser

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol keinginan berkemih sehingga sering terjadi kebocoran ...

...