Home / Apotik Hidup / Kumis Kucing (Kidney Tea Plants) Paling Ampuh Obati Batu Ginjal

Kumis Kucing (Kidney Tea Plants) Paling Ampuh Obati Batu Ginjal

Tahu nggak Kumis Kucing? Kumis Kucing ini memiliki kandungan zat berkhasiat yang bermanfaatbagi kesehatan tubuh manusia. Eit,tapi bukan kumisnya kucing yaa…! Ini adalah tanaman yang termasuk ternategak,pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 m. Bunganya memang mirip dengan kumis kucing karena berbentuk bulu putih tipis.

Daun kumis kucing basah maupun kering digunakan untuk menaggulangi berbagai penyakit. Di Indonesia daun yang kering dipakai sebagai obat pelancar air seni,sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk,encok, masuk angin dan sembelit.Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal,batu ginja, demam, kencing manis, albuminuria, siphylis, rematik, hipertensi, dan menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu kumis kucing digunakan juga sebagai antiinflamasi, antioksidandan antibakteri.

Penggunaan Kumis Kucing Sebagai ramuan untuk pengobatan 

1. Batu ginjal

Daun keji beling, daun ngokilo, serta daun kumis kucing dalam takaran masing-masing 25 gr yang direbus bersama-sama. Air rebusan ini sebaiknya direbus dalam takaran 4 gelas, dan dosis konsumsinya adalah dengan menghabiskannya dalam sehari (pagi, siang, sore, dan malam).

2. Infeksi kandung kemih

bersihkan kurang lebih 10 helai daun kumis kucing, dan rebus dengan air kurang lebih setengah gelas. Minumlah dua kali sehari, dengan dosis air rebusan sebanyak setengah gelas saja.

3. Encok, Asam Urat

4 – 5 helai daun kumis kucing, 4 – 5 tanaman meniran, rebus dengan air bersih hingga tinggal setengah airnya dan minum 3x sehari.

4. Keputihan

Daun kumis kucing dan beluntas masing – masing 1 genggam, jintan hitam 1 sendok teh dan kemukus 10 biji, lalu direbus dan diminum 2x sehari.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...