Home / Artikel Kesehatan / Lawan Kebotakan Dan Rambut Rontok Dengan Ramuan Tradisional

Lawan Kebotakan Dan Rambut Rontok Dengan Ramuan Tradisional

Rambut yang sehat sekitar 90 persen berada pada fase tumbuh, satu atau dua persen berada pada fase istirahat, dan sisanya fase rontok. Rambut dengan kondisi istirahat akan rontok dalam 2-3 minggu. Setelah itu lahirlah rambut baru.
Jumlah rambut rontok normalnya 90-100 helai per hari. Selama akar rambut mengalami tiga fase tadi sebanyak kurang lebih 20 kali, di bawahnya akan timbul lagi benih rambut baru. Bila fase rambut rontok lebih cepat, akar belum bisa memunculkan helai rambut baru. Dampaknya, kepala terlihat seperti botak.
Fase rontok lebih cepat bisa disebabkan beberapa hal.

Salah satunya faktor genetik. Yakni, kelebihan hormon androgen pada akar rambut. Orang dengan faktor genetik ini bisa mengalami kebotakan pada usia 20 tahuN.
Faktor kedua adalah kekurangan gizi, khususnya vitamin (B12, asam folat, D, biotin), mineral (Fe, Zn), dan protein. Akibatnya, rambut jadi lebih tipis dan bisa berwarna kuning atau kemerahan.

Namun ada pula kasus kebotakan yang tidak dapat disembuhkan Penyebab utama kebotakan jenis ini adalah  alopesia androgenic atau lebih dikenal dengan kebotakan pola, yang dapat terjadi pada pria dan wanita. Kebotakan jenis ini merupakan kebotakan permanen yang tidak dapat disembuhkan karena disebabkan oleh faktor keturunan dan genetika. Ada pula kebotakan jenis lainnya yang bersifat sementara namun merupakan gejala timbulnya penyakit serius seperti infeksi kulit, stress, penggunaan obat tertentu atau penyakit tiroid.

Jika kerontokan rambut menjadi permasalahan utama bagi Anda, lakukanlah perawatan bedah/operasi. Pengobatan seperti transplantasi folikel, flap kulit kepala dapat menjadi solusi mengatasi kebotakan akibat rambut rontok. Perawatan dengan cara ini memang mahal dan menyakitkan, namun hasilnya dapat Anda nikmati dalam 8-10 minggu setelah operasi. Sayangnya operasi dapat menyebabkan resiko jaringan parut dan infeksi, sehingga sangat tidak disarankan untuk melakukan hal ini kecuali alasan yang sangat penting bagi harga diri seseorang.
Ada pula pengobatan lainnya seperti transplantasi rambut dan pengurangan kulit kepala. Reduksi kulit kepala umumnya dilakukan bersamaan dengan transplantasi rambut guna menghasilkan warna alami.

Namun kesemua pengobatan itu memiliki resiko efek samping tersendiri, lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut dan kebotakan. Kita bisa menggunakan beberapa ramuan di bawah ini :

Resep 1

1 buah kelapa hijau muda, potong bawah atasnya, beri lubang sedikit, masukkan garam sedikit embunkan semalaman, gunakan air kelapa tersebut untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat, lakukan rutin sebelum mandi.

Resep 2

1 sendok makan cuka apel + 150 ml air matang, diminum lakukan 2 kali sehari.

Resep 3

Bunga jambu biji secukupnya + teh jambu biji 1 cangkir + air secukupnya. Seduh bahan dengan air sampai pekat. Gunakan untuk mencuci kepala sambil dipijat.

 

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...