Home / Apotik Hidup / Manfaat dan Khasiat Sereh Sebagai Tanaman Obat dan Kosmetika

Manfaat dan Khasiat Sereh Sebagai Tanaman Obat dan Kosmetika

Serai Wangi atau Sereh memiliki nama latin Cymbopogonn nardus L . Di Indonesia tanaman ini banyak tumbuh di daerah Tasikmalaya, Bandung, Palembang, Padang, Ujungpandang, dan Solo. Tanaman sereh memiliki kandungan kimia minyak atsiri, citronelal, eugenol-metil eter, sitral, dipenten, eugenol, kadinen, kadinol, limonen citronella, citronelol dan geranniol. Tanaman ini juga penghasil insektisida nabati sehingga bisa menurunkan populasi hama.

Manfaat dan Khasiat Sereh Sebagai Tanaman Obat dan KosmetikaSerai memliki kandungan antibakteri dan antimikroba sehingga sangat baik untuk mencegah infeksi. Selain itu, terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Manfaat lain dari serai adalah dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, obat kumur dan penghangat badan.

Memanfaatkan Sereh Dalam Pengobatan dan Kecantikan

 – Mencegah kanker, Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Pada tahun 2006, sebuah tim peneliti dari University Gurion di Israel menemukan senyawa dalam tubuh serai yang bisa mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat

. – Obat gangguan pencernaan, Teh yang mengandung serai membantu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, kram usus dan diare. Serai juga membantu mengurangi gas dari usus sekaligus mencegah pembentukan gas lebih lanjut.

 – Detoksifikasi, Serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan.

– Manfaat pada sistem saraf, Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.

– Menurunkan tekanan darah ,Serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi. – Sebagai analgesik Serai meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan sakit dan nyeri. Jadi jika Anda mengalami sakit gigi, nyeri otot, nyeri sendi, atau nyeri, teh lemon pasti bisa membantu.

– Kulit indah, Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan. – Kesehatan wanita Konsumsi teh yang diberi serai mungkin akan membantu mengurangi nyeri haid dan rasa mual.sedikit sinarnya dan memanggil sang angin bertiup sepoi-sepoi membelai.

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...