Home / Apotik Hidup / Manfaat Ginseng Si Obat Dewa

Manfaat Ginseng Si Obat Dewa

Ginseng merupakan tanaman yang berkhasiat obat yang dulu pernah sangat mahal harganya, yaitu setara dengan sutra dan bahkan di atas harga emas. Bahkan saat ini ginseng masih sangat populer, dan sudah banyak tersedia sebagai obat dalam berbagai bentuk. Bentuk yang populer adalah teh ginseng, yang diyakini banyak mengandung khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan.

Ginseng merupakan tanaman herbal yang mempunyai khasiat yang beragam, diantaranya sebagai obat asma dan gangguan pernapasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan diabetes. Tanaman ini mempunyai berbagai jenis, diantaranya ginseng Asia, ginseng Amerika, ginseng Siberia, ginseng India dan ginseng Brazil.

Seorang pakar Ginseng  Korea bernama, Prof Dr Kim Si Kwan dari Biomedical and Health Science, Konkuk University, sebagai mana dikutip harian Kompas, dalam sebuah festival di Jakarta ( 2008) menegaskan bahwa ginseng memiliki komponen utama bernama Saponin. Dikatakan oleh Prof Kim, senyawa Saponin dalam Ginseng Korea ini, jauh lebih banyak dibanding jenis ginseng lainnya sehingga khasiatnya pun diyakini lebih besar. “Saponin Ginseng Korea memiliki 23 jenis sedangkan saponin ginseng Barat, Jepang atau China hanya sekitar 8 hingga 15.  Oleh karena itu khasiat Ginseng Korea sangat tinggi,” ujarnya.

Di Indonesia, kata Prof Kim, Ginseng Korea akan sangat cocok digunakan masyarakat mengingat kondisi iklim dan cuaca yang panas. “Ginseng sangat baik untuk memelihara daya tahan tubuh dan stamina. Untuk daerah panas seperti Indonesia, ramuan ginseng dapat membantu  mengendalikan suhu tubuh dan memperlacar sirkulasi darah,” jelasnya, yang juga menambahkan bahwa riset dan penelitian tentang khasiat ginseng sudah berjumlah puluhan ribu.  Ginseng terbukti efektif membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit mulai dari masalah pembuluh darah, jantung, diabetes hingga kanker.

Khasiat Ginseng lainya :

1. Mengurangi Tingkat stres mental

Selain berguna untuk mengubah mood dan menghilangkan rasa lelah. Gingseng juga bermanfaat sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Ginseng dapat membantu untuk menyeimbangkan tingkat adrenalin ketika mengalami stres yang berlebihan.

2. Obat Diabetes

Khasiat Gingseng juga dapat menurunkan tingkat gula darah secara drastis. Tapi apabila Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, sebaiknya perlu dipertimbangkan kembali untuk menggunakan gingseng secara bersamaan. Mencampur gingseng dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah menjadi terlalu rendah. Karenanya sangat diperlukan saran dari dokter.

3. Merangsang sistem kekebalan dan saraf

Sejumlah pakar obat herbal mengatakan bahwa gingseng bisa meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik yang terkandung dalam gingseng membantu merangsang orang tetap muda. Serta dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh pada orang tua. Selain itu gingseng juga bisa membantu mengatasi flu dan penyakit infeksi lainnya.

4. Mencegah Pergerakan kanker

Pertumbuhan sel-sel kanker tertentu dapat dihambat oleh khasiat Gingseng. Seperti yang dilaporkan Chinese Medicine, gingseng memiliki efek anti tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker paru-paru, sel kanker prostat, sel kanker ovarium, dan juga sel-sel neuroblastoma.

5. Mengurangi Kelelahan

Manfaat lain dari ginseng yaitu dapat mengurangi rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan  dengan memberikan  perubahan fisiologis pada tubuh.

6. Meningkatkan Energi dan Stamina

Gingseng juga dapat membantu meningkatkan energi dan stamina Anda.

7. Menurunkan kadar kolesterol

ginsenocides yang terdapat dalam gingseng dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...