Home / Apotik Hidup / Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Di Indonesia berbagai macam jenis tanaman jeruk dapat kita jumpai. Diantara berpuluh jenis jeruk yang tersebar di negeri kita ini adalah Jeruk Bali yang mempunyai penggemar tersendiri. Ukuran buah yang besar dengan rasa manis dan asam yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat jeruk bali ini. Jeruk Bali dengan nama latin Citrus maxima (sesuai dengan ukurannya yang maksimal besarnya) dikenal sebagai Boh giri (Aceh), Limau gadang (Padang),  Mundeh (Flores) dan Jeruk Muntis (Bali).

Budidaya Jeruk Bali dapat dilakukan dengan cara menanam bijinya, dapat pula dengan sistem cangkok ataupun stek. Namun cara cangkok dikenal lebih mudah dilakukan, sedangkan menggunakan biji tidak disarankan.

Khasiat Buah Jeruk Bali

Jeruk Bali dilaporkan mampu mengatasi masalah sirkulasi darah, kulit buahnya sebagai anti serangga terutama anti nyamuk. Jus buahnya sebagai pengatur kadar glukosa darah. Daunnya untuk antidepresi dan anti bakteri. Jeruk Bali juga dilaporkan memiliki kandungan vitamin C, A, B1, B2, Likopen, asam folat, kalium, dan kalsium sehingga sangat baik bagi ibu hamil dan menyusui. Kandungan vitamin C dan juga golongan senyawa flavonoid pada Jeruk Bali membuat buah ini merupakan sumber antioksidan yang baik. Kandungan pektin dalam Jeruk Bali yang lebih tinggi dari jeruk manis dilaporkan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Jeruk Bali
Jeruk Bali
daging buah jeruk bali
daging buah jeruk bali

Jeruk Bali sering dicampurkan dalam beberapa panganan di negara kita seperti, dibuat menjadi manisan,rujak, ataupun campuran salad buah. Memakan jenis makanan yang di dalamnya terkandung jeruk Bali sama dengan menambahkan bahan antioksidan, antikolesterol,vitamin dan mineral ke dalam tubuh. Penggunaan kulit buah Jeruk Bali sebagai antiserangga. Selain itu, kulitnya juga dapat mengusir dahak dan meredakan batuk serta dapat mengobati asma.

Cara Menggunakan Jeruk Bali sebagai obat

– Sebagai antinyamuk, kulit buahnya disayat hingga mengeluarkan aroma khas Jeruk Bali. Bau yang dikeluarkan dapat mengusir nyamuk.

– Mengusir dahak, batuk, dan asma caranya ialah kulit jeruk diiris lalu dicampurkan dengan madu kemudian dikukus selama 30 menit. Hasil kukusan dicampur dengan air atau anggur lalu dikonsumsi tiap pagi dan malam hari.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...