Home / Apotik Hidup / Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Pohon Kemiri
Pohon Kemiri

Tanaman Kemiri (Aleurites moluccana) merupakan pohon besar dengan tinggi yang dapat mencapai 40 m dan diameter pohon sampai 1,5 m. Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai pengobatan adalah buah, kulit buah, daun dan batang. Kemiri dikenal khalayak karena kegunaannya sebagai bumbu dapur.

Salep Kemiri digunakan untuk mengobati luka, sakit gigi, demam dan pembengkakan. Jelaga dari asap kemiri yang dibakar digunakan sebagai bubuk pewarna rambut dan kelopak amta serta pewarna tato. Minyak Kemiri digunakan sebagai moisturiser karena banyak mengandung palmitin, stearin, myristicin, magnesiun dan senyawa anhidrida fosfat selain juga mengandung antioksidan seperti vitamin C, A dan E.

Jus kulit buah yang berwarna hijau dan getah daunnya digunakan untuk kulit bayi. Daun yang dibakar digunakan untuk sakit kepala dan rematik. Godokan daunnya digunakan untuk penyakit kelenjar (scrofula). Godokan kulit batangnya digunakan untuk pembersih mulut dan neuralgia serta untuk asma. Getah dari kulit batang dalamnya digunakan untuk sakit tenggorokan dan diuretik. Sementara campuran kemiri dengan santan digunakan untuk mengobati penyakit perut dan masalah pencernaan.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...