Home / Apotik Hidup / Manfaat Tembelekan Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Manfaat Tembelekan Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Tembelekan merupakan perdu tegak atau setengah merambat, bercabang banyak, ranting bentuk segi empat, ada varietas berduri dan ada varietas yang tidak berduri tinggi lebih kurang 2 m. Terdapat sampai 1.700 m di atas permukaan laut, di tempat panas, banyak dipakai sebagai tanaman pagar, bau khas. Daun tunggal, duduk berhadapan bentuk bulat telur ujung meruncing pinggir bergerigi tulang daun menyirip, permukaan atas berambut banyak terasa kasar dengan perabaan permukaan bawah berambut jarang. Bunga dalam rangkaian yang bersifat rasemos mempunyai warna putih, merah muda, jingga kuning, dsb. Buah seperti buah buni berwarna hitam mengkilat bila sudah matang.

Tanpa disadari tumbuhan ini memiliki fungsi sebagai tumbuhan obat yang kurang dimanfaatkan. Di antaranya akar bersifat tawar, sejuk. Berkhasiat sebagai pereda demam (antiperetik), penawar racun (antitoksik), penghilang nyeri (analgesik), dan penghenti perdarahan (hemostatis). Daun bersifat pahit sejuk, berbau, dan sedikit beracun (toksik), yang berkhasiat menghilangkan gatal (anti-pruritus), anti-toksik, menghilangkan bengkak dan perangsang muntah. Sedangkan bunga tembelekan manis rasanya dan sejuk, berkhasiat sebagai penghenti pendarahan.

Untuk penyakit-penyakit tertentu seperti TBC, rematik, keputihan, batuk dan sebagainya memiliki teknik penggunaan tersendiri.

1. TB Paru dengan batuk berdarah, Bunga tembelekan kering sebanyak 6 – 10 g direbus dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa separo, setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Minumlah pada pagi, siang dan sore, masing-masing 1/2 gelas.

2. Rematik, Akar tembelekan kering sebanyak 1 genggam direbus dalam 5 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Hangat-hangat dipakai untuk mandi. Daun tembelekan segar secukupnya direbus, airnya digunakan untuk mandi. Daun tembelekan segar secukupnya dipipis. tambahkan air kapur sirih sambil diaduk sampai menjadi adonan seperti bubur kental. Borehkan pada bagian yang sakit.

3. Keputihan, Kencing nanah, Akar tembelekan kering sebanyak 45 g dipotong tipis-tipis lalu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu dibagi sama banyak untuk 2 kali minum pagi dan sore.

4. Dermatitis, Eksim, Jamur Kulit, Daun tembelekan segar sebanyak 1 genggam direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Hangat-hangat dipakai untuk mencuci kelainan kulit.

5. Bisul, Daun tembelekan segar secukupnya dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Bubuhkan pada bisul, lalu dibalut. Ganti 2 – 3 kali sehari.

6. Memar, Luka berdarah, Bunga dan daun tembelekan segar secukupnya dicuci lalu dibilas dengan air masak. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus kemudian bubuhkan pada tempat yang sakit, lalu dibalut. Ganti 2 – 3 kali sehari.

7. Batuk, Daun tembelekan kering sebanyak 5 g direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin disaring, dibagi sama banyak untuk 3 kali minum, yaitu pagi, siang dan sore.

8. Perangsang Muntah pada Keracunan Makanan, Daun tembelekan segar sebanyak 1 genggam dicuci bersih lalu diseduh dengan setengah gelas air. Biarkan selama 15 menit. Hangat-hangat diminum sekaligus.

Tanaman ini juga bermanfaat bagi petani yaitu sebagai insektisida alami, seperti yang dikemukakan oleh Nuryanto dari Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, menunjukkan bahwa ekstrak tembelekan Lantana camara mampu menghambat nafsu makan ulat daun kubis. Ia mengekstrak 0,5 kg serbuk daun kering tembelekan dalam 1 liter akuades. Setelah membiarkan selama 10—12 jam kemudian ia menyaring dan semprotkan ke tanaman. Untuk pemakaian di lahan, tambahkan 2 bagian air ke dalam 8 bagian ekstrak cairan. Insektisida tembelekan mampu menekan serangan ulat ulat hingga 50%.

Luar biasa bukan manfaat Tembelekan!

Check Also

Kulit Pohon Jamblang Untuk Obati Penyakit Beser

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol keinginan berkemih sehingga sering terjadi kebocoran ...

...