Home / Apotik Hidup / Melati, Si Putih Baik Hati Yang Penuh Manfaat

Melati, Si Putih Baik Hati Yang Penuh Manfaat

“Melati…dari Jayagiri…ku terawang keindahan kenangan…” Masih ingat tidak dengan lagu jadul dengan syair tadi. Wah, jangan salah kami tidak akan membahas tentang lagu tersebut. Melati memang memiliki keindahan sekaligus kesederhanaan, tapi begitu banyak hal membuktikan bahwa dibalik kesederhanaan pasti banyak terkandung kelebihan. Seperti tanaman Melati ini, bunga, daun dan akarnya memiliki bayak khasiat.

Jasminum sambac. atau dikenal dengan Melati merupakan tanaman dengan bunga putih mungil dan berbau harum yang lembut. Tanaman ini dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Perawatannya dengan memberikan air yang cukup dan juga pupuk kandang. Tumbuh subur pada iklim yang panas dengan tekstur tanah gembur dan berpasir.

Jasminum sambac
Jasminum sambac

Banyak sekali manfaat Melati bagi manusia, tentunya yang dimaksud sebagai obat selain sebagai nama tokoh yang baik dalam dongeng pengantar tidur anak-anak. Di antaranya yaitu :

1. Menghentikan ASI, yaitu dengan menempelkan daun melati yang sudah dihaluskan pada sekitar payudara ibu sebelum mandi.

2. Sakit Mata, dengan merendam bunga Melati dalam air dalam wadah tertutup selama satu malam, untuk kemudian diteteskan pada mata yang sakit.

3. Bengkak akibat disengat lebah, caranya segenggam bunga melati diremas-remas kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

4. Demam dan sakit kepala, caranya 1 genggam daun melatidan 10 kuntum bunga Melati diremas dengan tangan, rendam dalam air. Air rendaman digunakan untuk kompres di dahi.

5. Sesak Napas, caranya 20 lembar daun melati direbus dalam 3 gelas air, tambahkan garam secukupnya. Biarkan air berkurang sampai sisa 2 gelas lalu saring untuk kemudian diminumkan pada penderita.

6. Radang Paru dan Bronkhitis, caranya dengan merebus akar melati, kemudian diminum airnya.

7. Patah Tulang dan Keseleo, caranya tumbuk akar Melati sampai halus lalu balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

 

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...