Home / Apotik Hidup / Minum Kopi Untuk Dapatkan Khasiat Hebatnya

Minum Kopi Untuk Dapatkan Khasiat Hebatnya

Kopi Dan Gaya Hidup

Minum Kopi sepertinya bukan hanya sekedar menikmati secangkir minuman, tapi saat ini telah menjadi gaya hidup bahkan bisa lebih jauh lagi sebagai prestise kalangan tertentu. Seperti yang dikutip dari metrotvnews.com 2014 silam.

“Peningkatan taraf hidup dan bertambahnya golongan menengah di Indonesia membawa perubahan positif terhadap gaya hidup,” kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi saat memberikan kata sambutan pada acara Konferensi Pers The 3rd Indonesia Coffee Festival (ICF) 2014 di Kementerian Perdagangan, Jalan M Ridwan Rais No. 5, Jakarta Pusat, Kamis (14/8/2014).

Menurut Bayu, ritual minum kopi mengalami perubahan yang besar dari segi usia maupun tempat. “Dulu menyeruput secangkir kopi bisa dilakukan di rumah, tetapi kini menikmati kopi dilakukan di kafe dan restoran yang berkelas dengan segmen yang semakin luas, baik dari sisi gender dan rentang usia,” ujarnya.

Tentang Kopi

Minum Kopi Untuk Dapatkan Khasiat HebatnyaAda puluhan spesies tanaman kopi dan berbagai varietasnya, hanya ada dua jenis yang dikenal dan populer di masyarakat, yaitu jenis arabika dan robusta. Bila dibandingkan keduanya, biji kopi robusta memiliki warna coklat kehitaman,radanya lebih pahit dengan kandungan kafein lebih tinggi dibanding jenis arabika. Selain kedua jenis kopi diatas, ada jenis kopi lain yaitu kopi luwak. Perbedaan kopi luwak dengan kedua kopi sebelumnya adalah kopi ini adalah kopi dari kedua jenis tersebut yang dimakan oleh hewan luwak,kemudian dikeluarkan bersama kotoranhewan tsbt, setelah sebelumnya mengalami proses fermentasi oleh bakteri alami dalam pencernaan luwak. Proses fermentasi menyebabkankandungan asam dalam kopi ini berkurang dengan cita rasa unik.

Khasiat Kopi

1. Mencegah penyakit syaraf

Peminum kopi cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakkan sel yang dihubungkan dengan parkinson, sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan alzheimer.

2. Melindungi gigi dan menurunkan resiko kanker mulut

Kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan antibaktero dan antilengket sehingga dapat menjaga agar bakteri penyebang lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah resiko kanker mulut hingga separuhnya. senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

3. Menurunkan resiko kanker payudara.

Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan resiko kanker payudara sebesar 38%. Kopi melepaskan phytoesterogen dan flavonoid yang dapat menahan penyembuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.

4. Mencegah batu empedu

Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalamkantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine yang ditemukan dalam kopi akan mengurangi lendir dan resiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantun proses ini.

5. Melindungi kulit dari kanker

Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17%. Kafein dalam kopi mampu memacu kulit untuk membunuh sel-sel kanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

6. Mencegah diabetes

Orang dengan konsumsi kopi 3-4 cangkir reguler atau kopi decaf( dengan kadar kafein yang dikurangi ) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 %. Asam lemak klorogenik dapat mencegah resistensi insulin yang merupakan tanda penakit tersebut.

7. Mencegah sirosis

Kopi dapatmelindungi hati dari sirosis , apalagi sirosis karena kecanduan alkohol.

8. Manfaat Kopi untuk scrub

Kulit kering akan mendapatkan manfaat maksimum kopi sebagai pengelupas sel kulit mati dan merevitalisasi kulit tanpa membuatnya menjadi lebih kering. Kulit kering mengakibatkan penuaan dini, akan tetapi kopi memiliki sifat antiaging atau anti penuaan dini yang dapat mencegahnya.

9. Manfaaat kopi untuk masker wajah

Membantu mengangkat dan mengencangkan kulit kendur. Membersihkan wajah dan tidak kurang sebagai krim antimikroba.

10. Manfaat kopi untuk kulit kepala

Perlu Anda ketahui kopi ternyata juga bermanfaat untuk kulit kepala serta bagus untuk rambut. Peroperti antioksidan yang dikandungnya dapat mencegah rambut mengalami kerontokan. Kafein dalam kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pada pria yang milai mengalami kerontokan rambut.Menurut para peneliti dfibutuhkan lotion topikal yang kaya kafein yang nantinya dioleskan pada kulit kepala untuk memblokir efek dari DHT yang merusak. Karena umumnya kebotakan umumnya disebabkan oleh paparan DHT terlalu banyak.

 

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...