Home / Apotik Hidup / Minum Teh Sama Dengan Minum Sejuta Manfaat

Minum Teh Sama Dengan Minum Sejuta Manfaat

Tahukah Anda jaman dahulu teh adalah minuman dari kalangan bangsawan? Indonesia memang termasuk penghasil daun teh terbesar di dunia. Pada abad 18, Teh Indonesia Disukai Bangsawan Eropa
Teh Indonesia ternyata menjadi kesukaan kaum bangsawan di kawasan Eropa khususnya di Belanda dan Inggris di abad ke-18. Pada zaman itu teh hanya bisa dinikmati kalangan bangsawan, orang awam tidak bisa menikmati. Saat ini siapa yang tidak pernah minum teh, teh bisa didapatkan di mana saja. Mulai warung-warung kecil di pasar sampai restoran mewah sekalipun.

Minum Teh Sama Dengan Minum Sejuta ManfaatTeh atau Camelia Sinensis  sebenarmya tidak saja sebagai bahan baku minuman, namun tanaman ini sebenarnya memiliki banyak khasiat.

Berdasarkan sifat fermentasinya, dikenal beberapa macam jenis teh, yaitu:

*Teh Hitam (Black Tea)
Teh hitam mudah dikenali di pasaran karena warnanya hitam dan paling luas dikonsumsi. Dalam proses pengolahan diberi kesempatan penuh terjadi fermentasi (mengalami perubahan kimiawi sempurna sehingga hampir semua kandungan tanin terfermentasi menjadi theaflavin dan thearubigin) yang akan merubah warna daun teh dari hijau menjadi kecoklatan dan dengan proses pengeringan berubah menjadi hitam.

* Teh Oolong
Umumnya diproduksi dari tanaman teh yang tumbuh di daerah semi tropis. Prosesnya sama seperti teh hitam, namun proses fermentasinya hanya sebagian (lebih singkat sekitar 30-70% dan perubahan berlangsung setengah sempurna sehingga masih mengandung sebagian tanin dan beberapa senyawa turunannya) sehingga warna dan aromanya di antara teh hitam dan teh hijau.

* Teh Merah (Red Tea)
Di Afrika Selatan, teh merah adalah sebutan untuk teh roibos, yang termasuk dalam golongan teh herbal. Teh merah dihasilkan melalui proses semifermentasi.

* Teh Hijau (Green Tea)
Daun teh tidak diberi kesempatan fermentasi (hampir tidak mengalami proses perubahan kimia). Biasanya pucuk teh diproses langsung dengan panas/steam untuk menghentikan aktivitas enzim sehingga sama seperti raw leaf (daun teh awalnya), karena itu selain warnanya masih hijau juga masih mengandung tanin yang relatif tinggi.

* Teh Putih (White Tea)
Merupakan jenis teh terbaik karena untuk mendapatkannya, hanya diambil dari satu pucuk tiap satu pohon, yakni pucuk tertinggi dan utama. Kandungan antioksidan paling tinggi. Dalam prosesnya, daun teh dibiarkan layu secara alami sehingga warnanya menjadi putih.

* Teh Kuning (Yellow Tea)
Sebutan untuk teh berkualitas tinggi yang disajikan di istana kaisar atau teh yang berasal dari daun teh yang diolah seperti teh hijau tapi dengan proses pengeringan yang lebih lambat.

* Teh Bunga atau Teh Melati (Jasmine Tea)
Teh hijau atau teh hitam yang diproses atau dicampur dengan bunga. Teh bunga yang paling populer adalah teh melati (H­eung Pín dalam bahasa Kantonis, Hua Chá dalam bahasa Tionghoa) yang merupakan campuran teh hijau atau teh oolong yang dicampur bunga melati. Bunga-bunga lain yang sering dijadikan campuran teh adalah mawar, seroja, leci dan seruni.

Manfaat dan Khasiat Teh

* Teh dapat membantu tubuh kita untuk melawan radikal bebas, karena teh tinggi akan oksigen yang dapat mampu menyerap radikal bebas. Jika tubuh kita terkena radikal bebas maka akan menyebabkan kanker, penyakit jantung dan degenaritf saraf.

* Para ilmuwan telah melakukan penelitian bahwa catechin atau antioksidan dalam ekstrak teh hijau dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Dengan hal tersebut maka khasiat teh akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

* Berdasarkan hasil sebuah studi, senyawa yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu para penderita diabetes untuk memproses gula lebih baik lagi, sehingga khasiat teh akan sangat baik untuk membantu orang dengan diabetes tipe 2.

* Teh memiliki kandungan epigallocatechin dan epicatechin yang merupakan beberapa varian dari catechin. Catechin yang terkandung dalam teh tersebut akan sangat baik untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah dan juga dapat meningkal radikal bebas. Selain itu, catechin juga dapat mengurangi resiko untuk terserang penyakit kardiovascular.

* Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan di Jepang dan Taiwan, unsur Catechin yang ada pada teh telah terbukti sangat memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

* Catechin dalam teh juga akan memberikan khasiat teh yang dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah. Selain itu juga dapat mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses.

* Teh juga memiliki kandungan Flouride yang cukup tinggi, dengan kandungan tersebutdapat membantu mencegah tumbuhnya karied pada gigi dan juga khasiat teh dapat memperkuat gigi.

* Kandungan catechin dalam teh memberikan banyak khasiat teh pada tubuh. Seperti halnya dapat menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas yang ada pada tubuh.

* Teh memiliki kandungan jenis kafein yang cukup berbeda dengan kopi. Dengan hal tersebut maka teh dapat merangsang sistem syaraf tubuh dan membuat pengambilan oksigen ke dalam tubuh menjadi lancar.

* Menjaga Kesehatan Kulit. Teh hijau dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut di karenakan teh hijau dapat melindung kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengkonsumsi teh hijau dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, teh hijau juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput

* Menghindari Resiko Kebotakan. Kebotakan pada umumnya di sebabkan oleh kerontokan rambut secara terus menerus yang di karenakan akar atau batang rambut kurang sehat. Di sini peran teh hijau dalam menghindari resiko kebotakan adalah karena zat yang terdapat pada teh hijau dapat membuat rambut kita terus tumbuh, dan beregenerasi.
* Membersihkan Jerawat. Jerawat pada umumnya di sebabkan oleh kotoran atau minyak yang menempel pada kulit sehingga membuat pori-pori kulit tertutup. Kotoran, dan minyak yang menempel pada pori-pori tersebut dapat di bersihkan dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, karena pada teh hijau terdapat zat antioksidan.

* Sebagai Minuman Penurun Berat Badan

Teh hijau terbukti dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh sehingga secara otomatis jumlah lebak pada tubuh akan berkurang. Selain itu pada teh hijau juga terdapat ketekin polifenol yang menyebabkan intensitas pembakaran lemak.

* Mencegah Penyakit Diabetes. Teh hijau memiliki kemampuan untuk mengatur kandungan kadar gula dalam darah. Bagi para penderita diabetes sangat di sarankan untuk sering-sering mengkonsumsi teh hijau.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...