Home / Resep Ramuan Herbal / Ramuan Jamblang Atau Duwet Untuk Pengobatan

Ramuan Jamblang Atau Duwet Untuk Pengobatan

Jamblang atau Duwet adalah buah-buahan yang merakyat. Karena dijual murah di pasar-pasar tradisional. Bentuknya menyerupai anggur, buahnya yang masak rasanya manis dan asam, bagaimana dengan khasiatnya? Oh, jangan dianggap remeh! Karena buah yang kelihatannya remeh ini memiliki banyak khasiat mencengangkan seperti pada posting kami sebelumnya Khasiat Jamblang Atau Duwet, Yang Sepet-Sepet Asam Manis.

Selain bisa dimakan langsung, untuk mengurangi rasa kecutnya, biasanya jamblang diolah menjadi minuman dingin yang segar. Caranya dengan menghancurkannya bersama gula pasir. Atau, bisa juga diolah menjadi salah satu campuran buah untuk manisan dan rujak.

Untuk pengobatan beberapa penyakit dibawah ini adalah ramuan tradisional yang menggunakan Jamblang sebagai bahan utamanya.

1. Batuk Kronis dan asma

– Cuci buah jamblang segar 15 g  untuk dimakan buah dan bijinya.

– Buah jamblang yang sudah dikeringkan 15 g masukkan ke dalam mangkuk tambahkan air sampai terendam, lalu tim sampai matang, setelah dingin minum dan makan buahnya sampai habis. Lakukan 3 kali sehari.

2. Batuk Rejan

Buah jamblang kering , empedu ayam betina, dan gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam air sampai seluruhnya terendam lalu tim dampai matang, minum airnya dan makan isinya. Lakukan 1 kali sehari sampai sembuh.

3. Batuk TB disertai nyeri dada

Jamblang segar 30 g, daun sembung 25 g, cuci semua bahan lalu potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir 15 g dan air secukupnya, tim sampai matang, setelah matang minum airnya dan makan isinya tapi biji jamblang dibuang saja. Lakukan setiap malam menjelang tidur.

4. Diare Pada Anak

Buah Jamblang yang belum matang dan beras yang sudah disangrai masing-masing 6 gr masukkan ke dalam mangkuk tambahkan air secukupnya , tim sampai matang, setelah dingin makan dan minum sekaligus. Lakukan 3 kali sehari sampai diare berhenti.

5. Nyeri Lambung

Buah jamblang kering tanpa biji disangrai30 g sampai berbau harum, masukkan ke dalam mangkuk tambahkan air secukupnya, tim sampai matang setelah dingin makan seluruhnya, lakukan 3 kali sehari, selama 10 hari.

6. Sariawan

Kulit kayu atau daun jamblang direbus , setelah dingin gunakan sebagai obat kumur, lakukan 3-4 kali sehari.

7. Infeksi Darah

Bahan: Air kelapa hijau 1 butir; Akar pandan wangi 3 jari tangan; Daun jamblang/duwet 1 genggam. Cara meramu: Cuci daun jamblang dan akar pandan wangi, kemudian direbus dengan air kelapa hijau sampai mendidih. Aturan pakai: Minum ramuan setiap hari sampai habis hari itu juga.

8. Epilepsi

Ambil Akar pohon jamblang 60 gram cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1/5 gelas minum 2x sehari  lakukan secara rutin.

9. Diabetes Militus

Cara 1: Ambil kulit kayu Jamblang 60 gram cuci bersih rebus dengan air 3 gelas sampai tersisa 1/5 gelas minum 2X sehari.
Cara 2: ambil biji Jamblang 3 buah lalu tumbuk sampai halus rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas minum selagi hangat untuk 1X minum lakukan 2X se

Check Also

5 Ramuan Alami Atasi Luka Terbuka, Luka Memar dan Luka Bakar

Luka memang hal yang sudah akrab dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan tidak ada ...

...