Home / Apotik Hidup / Rasakan Khasiat Dan Lezatnya Mangga Arumanis

Rasakan Khasiat Dan Lezatnya Mangga Arumanis

Saat musim mangga di pasar-pasar tradisional dibanjiri beraneka ragam jenis buan mangga. Dari mangga Gadung sampai Mangga Golek. Yang tak kalah populer adalah Buah Mangga Arumanis (Mangifera indica spp.).  Buahnya yang matang banyak digemari oleh masyarakat. Mangga muda Arumanis dapat diawetkan dengan kadar gula tinggi menjadi manisan baik dalam bentuk basah ataupun kering. Daging buah Mangga sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu sumber antioksidan karena mengandung banyak senyawa fenolik, karotenoid, b-karoten dan asam askorbat. Selain buahnya kulit batang, biji , kulit buah dan daun Mangga Arumanis juga memiliki banyak manfaat. Ekstrak air kulit batang puhohon Mangga ini pada umumnya di Kuba digunakan dalam skala industri sebagai suplemen, kosmetik, dan obat herbal terutama untuk pemulihan pasien yang menderita stress. Di india Ekstrak kulit batang Mangga banyak digunakan sebagai obat herbal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit batang pohon mangga Arumanis memiliki aktifitas sebagai antiviral, antibakteri, anti inflamasi, anthelmintik, anti alergi. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak mangga arumanis berpotensi sebgai anti inflamasi yang hampir sama dengan kemampuan indomethacin dan sodium naproxen. Ekstrak kulit batang pohon mangga Arumanis pada konsentrasi tertentu juga memiliki aktifitas antioksidan, dapat mencegah terbentuknya radikal bebas, mencegah kerusakan jaringan akibat reaksi oksidasi, menghambat kerusakan DNA dan menghambat peroksidasi pada jaringan otak secara in vitro (pengujian di laboratorium). Ekstrak ethanol kulit batang pohon mangga berpotensi mengatasi immunopatologik yang dikarakterisasi oleh hiperaktivasi sel-sel pagisitik sperti kelainan autoimun. Flavonoid dari ekstrak tersebut juga memiliki potensi sebagai penurun kadar lipid dalam serum dengan mencegah pembentukan kolesterol.

Daun Mangga Arumanis juga dipakai pada pengobatan  antidiabetes. Hasil penelitian menunjukkan Ekstrak daun Mangga Arumanis berpotensi sebgai penurun kadar gula darah karena mampu mengurang penyerapan glukosa pada saluran pencernaan seperti mekanisme obat anti diabetes chlorpropamide. Flavonoid dari Mangga Arumanis memiliki aktivitas sebagai penghambat terhadap enzim-enzim superoksida dismutase (SOD), katalase, glutation peroksidase dan glutation reduktase serta mengurang kadar peroksida lipid sehingga berpotensi mengatasi hiperkolesterol. Ekstrak etanol biji buah Mangga Arumanis mempunyai aktivitas antibakteri. Ekstrak metanol biji Mangga ini berpotensi sebagai antidiare.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...