Home / Artikel Kesehatan / Resep Tradisional Ampuh Usir Nyeri Haid Mengganggu

Resep Tradisional Ampuh Usir Nyeri Haid Mengganggu

Rasa kurang nyaman pada saat haid adalah hal yang pernah dirasakan oleh semua perempuan, tetapi bila haid menimbulkan nyeri hebat sampai mengganggu aktifitas normal seorang perempuan maka masalah kesehatan ini dapat dikategorikan sebagai dismenorea atau nyeri haid. Dismenorea adalah keluhan paling sering yang menyebabkan kaum perempuan muda berkonsultasi ke dokter

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab nyeri saat menstruasi (dismenore). Penyebab umum adalah kondisi fisiologis yang terjadi pada wanita yang belum melahirkan, di mana leher rahimnya masih sempit. Sehingga, ketika menstruasi, uterus harus berkontraksi kuat untuk mengeluarkan darah menstruasi dan menimbulkan rasa sakit. Penyebab lainnya, bisa saja karena adanya tumor (mioma) atau kista yang disebabkan oleh endometriosis.

Beberapa ramuan tradisional telah digunakan dari jaman dahulu sebelum adanya obat-obatan kimiawi. Ramuan tradisional lebih aman dibanding dengan obat kimiawi, lagipula dengan meminum ramuan tradisional tidak hanya nyeri haid yang ditanggulangi melainkan kita juga mendapatkan manfaat kesehatan menyeluruh dari tanaman-tanaman berkhasiat yang digunakan.

Resep 1

2 sendok makan cuka apel +150 ml air matang. Diminum 3 kali sehari. Selama terapi banyak mengkonsumsi air putih, sayuran dan buah.

Resep 2

Bunga matahari bagian dasarnya sebanyak 30 g + gula merah secukupnya rebus dengan air hingga mendidih, saring, untuk diminum.

Resep 3

Minum Air Kelapa yang ditambah gula kelapa secukupnya, lakukan 2 kali sehari.

Resep 3

Minum rebusan air jahe 2-3 kali sehari selama seminggu.

Resep 4

1 jari kunyit, ketumbar 7 butir, 1 bunga cengkih, asam kawak secukupnya, biji pala dan 100cc air. Rebus sampai mendidih, minum selagi hangat.

Resep 5

6-9 gr umbi rumput teki rebus dengan air hingga mendidih, minum ketika dingin.

Resep 6

Daun lidah buaya potong kecil-kecil, tambahkan gula merah, tambahkan santan, minum setiap hari selama 1 bulan, sebagai terapi.

Resep 7

Kencur 20 gr, kunyit 15 gr, temu hitam 15 gr,asam jawa 10 gr, gula aren secukupnya tambahkan air 3 gelas lalu direbus hingga air tersisa separuhnya. Saring dan minum hangat-hangat.

Check Also

3 Bahan Herbal Alami Untuk Sembuhkan Infeksi Prostat

Prostat adalah sebuah organ tubuh yang meyerupai biji kenari yang besarnya seukuran dengan genggaman anak ...

...