Home / Apotik Hidup / Sambiloto Pahitnya Amit-Amit, Khasiatnya Selangit

Sambiloto Pahitnya Amit-Amit, Khasiatnya Selangit

Sambiloto

Selama ini daun sambiloto dikenal dengan rasa pahitnya. Namun ternyata dibalik rasa pahit yang dimiliki ternyata mengandung berbagai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena manfaat yang dikandungnya ini menjadikan daun dengan nama ilmiah Andrographis paniculata ini menjadi salah satu pilihan atau alternatif bagi mereka yang lebih memilih pengobatan tradisional dari bahan–bahan herbal. Bahan tersebut memang cukup berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Rasa pahit itu berasal dari kandungan laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Selain itu Sambiloto juga mengandung Flavonoid, alkan, keton, aldehid, mineral, asam kersik, dan damar.

Masyarakat memanfaatkan bagian tajuk (daun batang) tumbuhan ini sebagai bahan obat tradisional untuk obat kuat, demam, kolera, diabetes, influenza dan bronkhitis. Selain itu mengobati hepatitis, infeksi saluran empedu , disentri basiler, tifoid, diare, radang amandel, (tonsilitis), abses paru, radang paru (pneumonia), radang saluran napas, radang ginjal akut, radang telinga tengah, radang usus buntu, sakit gigi, malaria, kencing nanah, TB paru, skrofuloderma, batuk rejan, sesak napas, darah tinggi, kusta, leptospirosis, keracunan (jamur singkong, tempe bongkrek, makanan laut), kanker, kehamilan anggur, dan tumor.

 

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...