Home / Apotik Hidup / Seledri Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Seledri Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Seledri atau dengan nama latin Apium graveolens L. merupakan tanaman sayuran yang banyak dibudidayakan di daerah dengan iklim yang sejuk, tanaman ini berasal dari daerah sup tropik eropa- asia. Di Indonesia penggunaan tanaman ini lebih sebagai sayuran dan bumbu masakan. Namun demikian sayuran ini memiliki banyak khasiat untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh.

Kandungan daun seledri yang berkhasiat bagi kulit wajah

Daun seledri mempunyai banyak manfaat bagi kulit wajah dan merupakan salah satu cara perawatan wajah berminyak yang efektif karena mengandung berbagai zat dan nutrisi. Zat-zat yang terkandung dalam daun seledri antara lain senyawa L-tryptophan yang berkhasiat sebagai anti oksidan alami penangkal radikal bebas, juga aneka vitamin  seperti A, B1, B2, dan C. Kandungan senyawa 3n-butilphalida pada seledri bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan sehingga manjur mengatasi kulit berjerawat.

Menggunakan seledri untuk kecantikan sangat mudah, diantaranya :

1. Menyuburkan rambut

Sebanyak 10 tangkai Seledri cuci bersih, ditumbuk halus. Gosokkan pada kulit kepala sebagai bahan ramuan creambath setelah berekeramas, lakukan dengan pijatan ringan di kulit kepala, biarkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan airsampai bersih..

2. Mengatasi kulit berminyak dan berjerawat

3 batang seledri diiris-iris lalu diseduh dengan air panas dalam wadah yang tertutup. Dinginkan, lalu simpan dalam lemari es. Menjelang tidur malam oleskan sari seledri pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya, biarkan kering, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Sedangkan sebagai pengobatan, semua bagian tanaman ini memiliki khasiat sebagai obat. Akar seledri berkhasiat sebagai stomakik dan diuretik. Buah dan bijinya berkhasiat sebagai antispasmodik, menurukan kadar asam urat darah, antirematik, diuretik (peluruh kencing), karminatif (peluruh kentut agar tidak kembung) afrodisiak, dan penenang.

Herba Seledri sendiri juga berkhasiat sebagai tonik, stomakik (meningkatkan nafsu makan), hipotensif, penghenti pendarahan, diuretik, peluruh haid, karminatif, mengeluarkan asam urat darah yang tinggi, pembersih darah, memperbaiki fungsi hormon yang terganggu. Beberapa penelitian menunjukkan seledri memiliki aktivitas seperti hepatoprotektif, antioksidan, menurunkan kolesterol, dan anti jamur.

Pemanfaatan Daun Seledri Sebagai Ramuan Obat
1. Manfaat Daun Seledri Sebagai Obat batuk :

Siapkan daun seledri yang masih segar dan masih utuh, (lengkap dengan batang dan akarnya), Potong-potong daun seledri tersebut, secukupnya. Rebus daun seledri tersebut, dengan air 3 gelas, sampai mendidih, Saring airnya dan biarkan sampai dingin. Tambahkan madu lebah secukupnya. Bagi menjadi dua bagian dan minum dua kali sehari pagi dan petang.

2. Khasiat Daun Seledri Sebagai Obat Rematik :

Ambil satu tangkai daun seledri yang masih segar, Cuci sampai bersih, lalu gunakan daun seledri tersebut untuk lalapan saat makan. Lakukan setiap hari dengan rutin.

3. Manfaat Daun Seledri Untuk Mengobati mata kering :

Siapkan daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang masih segar, kira-kira 1/3 genggam. Cuci bersih Tumbuk sampai halus, ramuan yang sudah kita siapkan tersebut, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit garam dapur, Tambahkan dengan sedikit air matang kira-kira 1/3 gelas. aduk-aduk, kemudian saring dan ambil airnya. Minum air perasan tersebut 3x sehari.

4. Khasiat Daun Seledri Untuk Tekanan darah tinggi :

Siapkan 100g daun seledri yang masih segar, kengkap dengan batang, dan akarnya, Cuci bersih daun seledri yang sudah kita siapkan tersebut. Tumbuk sampai halus, Tambahkan 1 gelas air bersih. Rebus air ramuan daun seledri tersebut. Biarkan sampai dingin, selanjutnya bagi menjadi dua, Minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

Check Also

Kulit Pohon Jamblang Untuk Obati Penyakit Beser

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengontrol keinginan berkemih sehingga sering terjadi kebocoran ...

...