Home / Apotik Hidup / Tahan Pahitnya Pare, Rasakan Dahsyat Manfaatnya!

Tahan Pahitnya Pare, Rasakan Dahsyat Manfaatnya!

Lebih dari 500 tahun berlalu sejak para budak Afrika tiba ke Amerika, membawa tidak hanya warisan budaya yang kaya dan cerita rakyat tradisional mereka, tetapi juga tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang cepat disebarkan di Amerika dan menjadi dengan melewati dari tahun-tahun bagian dari warisan kuliner dan budaya mereka sendiri.

Ketika para budak Afrika tiba ke Amerika, kembali abad ke-15, akses mereka terhadap sumberdaya medis dan terapi sangat terbatas, mereka harus bergantung pada sendiri “obat herbal tradisional” mereka.

Beberapa keyakinan budaya dan praktek-praktek tradisional yang lebih efektif daripada yang lain, tapi hampir semua dari mereka didasarkan pada pengalaman bertahun-tahun akumulasi menangani kondisi medis dan penyakit yang dirawat oleh nenek moyang Afrika mereka dengan menggunakan tanaman obat dan tanaman yang berfungsi untuk tujuan tersebut.

Salah satu tanaman ini adalah Momordica charantia (Pare), juga dikenal sebagai pare, labu pahit atau labu pahit.

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

1. Obat Antidiabetes

Penggunaan Pare (Momordica charantia) untuk diabetes telah dilaporkan dalam pengobatan Ayurvedic dan Cina obat , tetapi baru-baru ini saja dijelaskan para ilmuwan, yang menemukan beberapa konstituen aktif hadir dalam Bitter melon atau pare yang mampu bertindak dengan cara yang sama seperti insulin, dengan satu-satunya perbedaan bahwa insulin menghentikan penggunaan lemak sebagai sumber energi dengan menghambat pelepasan glukagon  dan Pare menghambat karbohidrat utama hidrolisis enzim sebagai α-amilase dan α-glucosidase.

Studi ini menunjukkan bagaimana Pare bersifat hipoglikemik dan dapat dipelajari sebagai terapi nutrisi alternatif dalam pengelolaan diabetes , pada kenyataannya pare (Momordica charantia) digunakan sebagai tanaman anti-diabetes karena efek hipoglikemiknya.
Penelitian telah menunjukkan bahwa Pare (Momordica charantia) perbaikan kerusakan-sel β, meningkatkan kadar insulin, dan juga meningkatkan sensitivitas insulin.
Dari konstituen aktif yang ditemukan di Pare (Momordica charantia) diduga mengerahkan sifat-sifat hipoglikemik, yaitu charantin, momordenol dan momordicilin, penelitian menunjukkan bahwa momordicilin ditemukan sebagai senyawa yang paling aktif di daerah target masing-masing.
Momordica charantia mengandung Gurmarin, polipeptida dianggap mirip dengan insulin sapi dan telah ditunjukkan dalam studi klinis untuk mencapai efek yang mengatur gula yang kuat dengan menekan respon saraf terhadap rangsangan rasa manis.

2. Anti Kanker

Sebelas unsur aktif diisolasi dari Pare (Momordica charantia), termasuk dua glikosida triterpen cucurbitane type baru, salah satu sterol baru, diuji untuk kegiatan Sitotoksisitas mereka terhadap A549 sel kanker paru-paru line, garis sel glioblastoma U87, dan garis sel karsinoma hepatoma Hep3B.
Keduanya  menunjukkan aktivitas sitotoksik yang signifikan terhadap sel kanker dua cucurbitane-jenis glikosida triterpen baru, satu sterol baru.

3. Anti Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling umum di kalangan wanita di dunia.
Salah satu pendekatan untuk mengendalikan kanker payudara adalah pencegahan melalui diet, yang menghambat satu atau lebih peristiwa neoplastik dan mengurangi risiko kanker. Sebagai bagian dari pendekatan ini beberapa tumbuhan, buah-buahan dan sayuran telah menjadi subyek penelitian di kalangan ilmuwan dan peneliti.

Dalam beberapa kasus, seperti misalnya dengan penggunaan Pare (Momordica charantia) ekstrak, yang hasil studi ini telah menunjukkan efektivitas tertentu terhadap sel kanker payudara, MCF-7 dan garis sel MDA-MB-231, dan perawatan payudara sel kanker mengakibatkan penurunan yang signifikan dalam proliferasi sel dan kematian sel apoptosis, menunjukkan bahwa penggunaan Pare (Momordica charantia) dapat digunakan sebagai suplemen diet untuk pencegahan kanker payudara.

Manfaat minyak biji Pare

Asam Eleostearic (alpha-ESA) adalah asam linolenat terkonjugasi yang membentuk sekitar 60% dari minyak biji Momordica charantia (pare) .

Sebagaimana penelitian yang dilakukan pada subjek menunjukkan bahwa ekstrak air dari pare mampu menghambat sel kanker payudara manusia kanker payudara MDA-MB-231 dan MDA-ERalpha7, asam alpha-ESA juga subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam Eleostearic (alpha-ESA) dapat memblokir proliferasi sel kanker payudara dan menginduksi apoptosis.

Efek Samping Pare

Seperti herbal yang lain ,  pare dapat berinteraksi dengan berbagai kondisi fisik, seperti misalnya menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes (Hipoglikemia), toksisitas dari biji. Ini tidak disarankan untuk wanita hamil atau menyusui karena dapat menyebabkan perdarahan. I

 

Sumber : herbcyclopedia.com

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...