Home / Apotik Hidup / Tanaman Klabet Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Tanaman Klabet Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Klabet, Kelabat, Hulbah atau Fenugreek adalah salah satu rempah yang bentuknya kecil, warnanya kuning sedikit oranye, dengan tekstur yang sedikit keras. Selain digunakan sebagai bumbu pada masakan, seperti kari dan gulai, klabet/kelabat juga banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

Klabet/Kelabat banyak mengandung vitamin dan hampir semua mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Klabet juga telah dianggap sebagai zat antioksidan paling kuno yang dikenal manusia.

Biji klabet dapat dipakai untuk mengatasi gangguan pencernaan, bronkitis, tenggorokan sakit, panas serta sariawan. Akhir-akhir ini telah diteliti bahwa biji klabet juga dapat digunakan untuk anti kanker. Di pasaran kita dapat membeli biji klabet yang kering. Karena rasa & bau yang mungkin kurang disukai, biji itu dapat digerus menjadi serbuk. Lalu dimasukkan ke dalam kapsul. Dosis pemakaian berkisar antara 1 – 6 gr untuk tiga kali pemakaian dalam sehari. Biji Klabet juga dapat kita minum sebagai teh. Bagi pemula, disarankan mengonsumsi dalam dosis minimal & ditingkatkan sedikit demi sedikit. Hingga sekarang tidak ditemukan efek samping yang signifikan namun ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...