Home / Apotik Hidup / Temu Ireng Atau Temu Hitam Tak Hanya Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Temu Ireng Atau Temu Hitam Tak Hanya Untuk Ibu Pasca Melahirkan

Kalau soal temu-temuan Indonesia memang surganya. Bagaiman tidak,berbagai macam jenis tanaman rimpang dapat ditemukan dengan mudah di negeri kita ini. Salah satunya adalah Temu Ireng atau Temu hitam. Curcuma aeruginosa adalah jenis rimpang yang mudah didapati di pasar-pasar tradisional, ia juga dapat tumbuh liar di tanah-tanah kosong.

Rimpang Temu Ireng/Hitam
Rimpang Temu Ireng/Hitam

Rimpang temu hitam memiliki aroma yang khas. Rimpang ini mengandung senyawa kimia berupa turunan kurkuminoid, saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan polifenol.

Temu Hitam atau Temu Ireng dilaporkan memiliki aktivitas sebagai antibakteri melawan staphylococcus aureus, Pseudomonas, dan Bacillus. Bersifat anthelmintik, analgesik dan antiinflamasi, relaksasi uterus dan anti androgenik. Secara empiris temu hitam digunakan sebagai peluruh kentut, peluruh dahak, obat cacing, meningkatkan nafsu makan, sariawan, sesak nafas, penyakit kulit, dan pembersih darah pasca melahirkan.

Resep Penggunaan Temu Hitam

1. Mengobati Gonorrhoea

Bahan: Rimpang temu hitam 10 gr,Daun pegagan (Centella asiatica) 30 gr,Umbi gadung (Dioscorea hispida) 5 gr, Air 3 gelas
Cara Membuat : Cuci hingga bersih remu hitam, daun pegagan dan umbi gadung. Setelah itu tumbuk sampai halus semua bahan, kemudian seduhlah dengan air panas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan 3 x 1 hari sebanyak 1 gelas.

2. Membersihkan darah setelah melahirkan

Bahan : Rimpang temu hitam 2 jari, Air panas ½ cangkir
Cara Membuat : Cuci bahan hingga bersih. Setelah bersih lalu dikupas dan diparut. Baru kemudian seduh hasil parutan dengan air panas. Dinginkan dan saring.
Minum ramuan 3 hari setelah melahirkan secara berturut-turut.

3. Mengatasi pembengkakan dan menetralisir racun dalam tubuh

Bahan : Rimpang temu hitam 20 gr, Daun takokak (Solanum torvum) secukupnya, Air 3 gelas
Cara Membuat : Cuci hingga bersih semua bahan. Temu hitam kemudian dikupas dan diparut. Tambahkan daun takokak ke dalam parutan, lalu rebus sampai air tersisa 1 ½ gelas. Angkat dan saring.
Minum ramuan selagi hangat. Ramuan herbal obat tradisional ini diminum sekali habis.

4. Untuk peranakan turun

Bahan : Rimpang temu hitam 20 gr, Daun legundi (Vitex trzfolia) beberapa lembar, Air 3 gelas, Madu 1 sendok makan
Cara Membuat : Cuci hingga bersih semua bahan. Kemudian kupas temu hitam, iris tipis-tipis. Setelah itu tambahkan daun legundi. Lalu rebus hingga mendidih. Angkat dan saring.
Minum ramuan herbal selama 2 hari. Tambahkan madu.

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...