Home / Apotik Hidup / Yang Unik Dari Manfaat Pohon Bintaro

Yang Unik Dari Manfaat Pohon Bintaro

Pertama kali mendengar kata Bintaro di telinga saya, saya tidak mengira kalau itu adalah nama tanaman. Saya hanya tahu bahwa Bintaro adalah nama daerah di kota Jakarta. Anda mungkin juga belum mengenal tumbuhan ini? Mari berkenalan denga Bintaro.

Bintaro dengan nama latin Cerbera adollam atau dikenal juga dengan nama kayu susu, kenyen putih, koyandan, mangga prabu, mangga laut. Pohon mampu tumbuh hingga ketinggian 3 m-12 m, posturnya yang rindang membuat pohon ini menjadi tanamn peneduh di perumahan atau di pinggir jalan. hampir semua bagian tumbuhan ini termasuk ke dalam kategori non pangan (cerbera). Daun dan buah bintaro mengandung racun yang disebut carberin atau satu zat glikosida yang dapat menyumbat saluran ion kalsium pada bagian otot jangtung manusia sehingga dapat mengakibatkan kematian. Getah dari buah ini sering dioleskan pada mata panah yang digunakan untuk berburu hewan.

Khasiat dan Manfaat Bintaro

Buah Bintaro
Buah Bintaro

Bintaro dimanfaatkan sebagai insektisida. Untuk kepentingan kesehatan manusia bintaro berpotensi sebgai anti kanker dan juga memiliki aktivitas seperti hormon estrogen. Antioksidan tanaman ini pun telah dilaporkan. Kulit kayu, getah dan daun digunakan sebagai obat pencahar, dan menginduksi aborsi. Di Thailand kayu menghasilkan arang halus yang digunakan mesiu. Tetapi minyak dari tanaman ini dapat digunakan sebagai minyak rambut, penolak serangga, bahan baku biodiesel, lilin, dan ampas dari hasil pengepresan biji dapat dibuat sebagai arang briket dan kompos untuk tanaman. Di Filipina, biji digunakan sebagai racun ikan di sungai keil.

Selain itu buahnya memiliki manfaat unik sebgai pengusir tikus. Riset Hien TT dari Fakultas Fisiologi,Tolouse Prancis dan Dr.Suryo Wiyono dari Klinik Tanaman IPB melaporkan senyawa cerberin pada bintaro meracuni dan merusak syaraf pusat otak tikus.Otomatis Tikus dengan penciuman yang sensitif terhadap bau racun cerberin akan menghindarinya.

Untuk dikonsumsi sebagai obat perlu dilakukan penelitian lebih lanjut karena tanaman ini memiliki zat racun, walaupun menurut penelitian tanaman ini berpotensi sebagai antikanker.

Untuk pembuatan minyak, buah yang suda tua diambil bijinya dikeringkan, digoreng tanpa minyak, untuk mendapatkan rendemen minyak yang tinggi, atau biji digiling hasilnya dapat diekstrak menjadi minyak dengan penekan hidrolik sederhana.

 

Check Also

Luar Biasa! Tanaman Ini Mampu Hancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya Dari Dalam Tubuh

Tanaman Tempuyung yang mempunyai nama latin Sonchus arvenshis L adalah tanaman yang termasuk dalam famili ...

...