Home / Artikel Kesehatan / 10 Tanaman Untuk Menyehatkan Ginjal

10 Tanaman Untuk Menyehatkan Ginjal

Makan makanan yang tepat dapat  membantu kesehatan organ tubuh, termasuk ginjal agar berfungsi dengan baik. Bebrapa “Superfoods” kaya akan antioksidan seperti flavonoid, lycopene, beta-karoten dan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan ginjal. Antioksidan dapat membantu memperlambat atau menghentikan laju oksidasi yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu penyebab utama masalah ginjal.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Society Nephrology, diet sehat yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak dan biji-bijian, dan rendah garam, daging merah, daging olahan dan minuman manis dapat membantu mencegah batu ginjal.

1. Kubis/Kol

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalKubis meningkatkan fungsi ginjal dan paling sering digunakan sebagai obat alami untuk memperbaiki dan menyehatkan ginjal. Ini adalah makanan yang penting bagi siapa pun yang menderita masalah ginjal.

Kubis mengandung phytochemical yang membantu memecah radikal bebas sebelum mereka dapat melakukan kerusakan. Selain itu, Kol juga memiliki kandungan tinggi vitamin B6, C dan K, bersama dengan serat dan asam folat. Rendah kalium, kubis membuat tambahan yang bagus untuk diet dialisis. Anda dapat menikmati sayur ini dikukus atau direbus.

2. Buah Beri

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalBuah Beri dapat menjadi sumber yang sangat baik dari mangan, vitamin C, serat dan folat. Berbagai jenis buah seperti stroberi, cranberry, raspberry dan blueberry yang baik untuk ginjal Anda. Antioksidan serta sifat anti-inflamasi dalam buah ini membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kandung kemih.
Anda dapat memilih buah segar, beku atau kering buah dan dapat juga memakannya mentah atau menambahkannya ke sereal favorit Anda atau smoothie untuk meningkatkan kesehatan ginjal.

3. Bawang Putih

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalBawang putih memiliki antioksidan dan sifat anticlotting yang dapat secara efektif mengurangi kemungkinan penyakit ginjal serta penyakit jantung.
Makan 1-2 siung bawang putih mentah setiap hari pada waktu perut kosong dapat sangat mengurangi kadar kolesterol jahat dan peradangan dalam tubuh.
Hal ini juga melindungi ginjal dari efek berpotensi berbahaya dari logam berat. Anda dapat menggunakan bawang putih segar atau bubuk bawang putih dalam masakan Anda untuk menambah aroma dan rasa serta manfaat kesehatan.

4. Bawang Bombay

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalBawang bombay penuh antioksidan kuat yang membantu detoksifikasi dan membersihkan ginjal, sehingga membantu mencegah berbagai jenis masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal. Rendah kalium, bawang juga mengandung kromium, mineral yang membantu memetabolisme lemak tubuh, protein dan karbohidrat.
Mereka juga memiliki sifat anti-inflamasi. Bawang bombay dapat dinikmati mentah atau dimasak dalam berbagai hidangan. Makan bawang mentah dapat membantu mengobati batu ginjal secara alami.

5. Paprika Merah

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalPaprika merah membantu memecah limbah beracun dalam darah, dan karena itu memberikan kontribusi untuk kesehatan ginjal. Selain itu juga rendah kalium dan kaya akan vitamin A, B6 dan C, asam folat, dan serat.
Ketika menderita masalah ginjal, sering disarankan untuk menjaga asupan kalium Anda rendah karena ginjal yang rusak tidak dapat secara efektif menyaring kalium dari darah Anda.
Sayuran lezat ini juga mengandung lycopene, antioksidan yang melindungi terhadap beberapa jenis kanker. Anda dapat menyertakan paprika merah dalam diet Anda mentah, dibakar, dipanggang, bentuk dimasak atau diisi.

6. Kembang Kol

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalSayuran crucifera ini tinggi vitamin C dan mengandung jumlah yang baik folat dan serat. Ia juga memiliki senyawa seperti indole, glukosinolat dan tiosianat yang membantu hati menetralkan zat-zat beracun yang lain dapat merusak membran sel dan DNA.
Bila dikonsumsi secara teratur, kembang kol dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol karena memiliki sifat antioksidan dan anticlotting.

7. Apel

10 Tanaman Untuk Menyehatkan GinjalApel baik untuk detoksifikasi dan membersihkan ginjal karena tinggi akan serat dan memiliki sifat anti-inflamasi. Apel juga membantu mencegah infeksi saluran kemih dan dengan demikian dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.
Pada saat yang sama, apel sangat bagus untuk mengurangi kolesterol, melindungi tubuh terhadap masalah jantung, mengurangi risiko kanker dan membantu mencegah sembelit.
Makan lah sebuah apel setiap hari untuk menjaga ginjal Anda berfungsi dengan baik. Anda dapat menikmati buah Apel mentah yang renyah, atau dijus, atau dapat juga disajikan sebagai makanan penutup seperti apel panggang, atau sebagai saus apel.

 

Check Also

5 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Dapat Merusak LIVER

Hati adalah salah satu organ vital tubuh dan sangat penting bagi kehidupan. Terletak di sebelah ...

...