Home / Artikel Kesehatan / Mengetahui Gangguan Kesehatan Dengan Mengamati Kuku Anda

Mengetahui Gangguan Kesehatan Dengan Mengamati Kuku Anda

Jika kita berpikir mengenai kesehatan, orang biasanya tidak pernah terbayang dalam benaknya bahwa kuku juga merupakan penanda penting bagi kesehatan kita,
Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Berikut beberapa kejanggalan kuku yang dapat membantu dokter mendiagnosa suatu penyakit
perubahan sekecil apapun kuku baik itu pertumbuhan, bentuk, tekstur, dan warna kuku dapat mengindikasikansesuatu mungkin terjadi dengan kesehatan Anda. Kelainan kuku dapat menjadi petunjuk besar bagi kondisi kesehatan anda.

Salah satu sinyal yang tak terduga dari kuku  biasanya terlihat adalah ukuran “setengah bulan lingkaran” di dasar kuku. Semakin kecil ini, maka biasanya kesehatan tubuh  secara keseluruhan juga baik
berikut ini tanda-tanda kesehatan dan kuku

Warna kuku pucat megindikasikan seseorang dari penuaan tetapi juga menjadi tanda dari beberapa penyakit yang lainnya seperti kurang darah (Anemia), kurang gizi, penyakit gagal jantung, penyakit hati.

Warna putih pada kuku dengan pinggiran yang berwarna agak gelap menandakan masalah hati seperti Hepatitis.

Warna kuning pada kuku biasanya sering terjadi akibat dari infeksi jamur, jika infeksi tersebut berhasil diatasi maka kuku Anda akan kembali seperti semula. Ada juga sebagian peguningan pada kuku bukan karena infeksi melainkan tanda dari kondisi tubuh yang lainnya yaitu penyakit gondok (Thyroid disease), penyakit paru-paru, kencing manis (Diabetes), atau psoriasis (sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian (kulit) yang terlalu cepat).
Permukaan kuku yang berkerut atau tidak rata ini dapat menjadi pertanda awal dari Psoriasis (sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian (kulit) yang terlalu cepat) atau radang sendi (Arthritis).

Warna kuku yang kebiru-biruan bila kondisi ini terlihat pada kuku Anda besar kemungkinan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini dapat menjadi indikasi bahwa adanya infeksi pada paru-paru.

Jika daerah sekitar kuku tampak memerah dan bengkak, ini merupakan ciri-ciri terdapatnya peradangan pada lipatan kuku. Selain peradangan kuku juga dapat disebabkan oleh Lupus.

Kuku yang memiliki nada cokelat di bagian distal (dengan setengah kuku normal atau putih) yang terlihat pada orang dengan penyakit ginjal kronis –

Garis kuku yang berwarna lebih tua perlu mendapat perhatian dari Anda karena ini mungkin merupakan gejala dari Melanoma (sejenis kanker kulit yang berbahaya)

Check Also

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Wow..Ternyata Warna Darah Haid Dapat Mengidentifikasi Penyakit Yang Ada Didalam Tubuh

Ladies….pada saat kamu haid, pernah kah memperhatikan warna darah yang keluar? Awal haid biasanya akan ...

...