Home / Artikel Kesehatan / 5 Cara Putihkan Kulit Tanpa Harus ke Salon

5 Cara Putihkan Kulit Tanpa Harus ke Salon

Kulit cerah, mulus merona adalah idaman tiap wanita. Para wanita berlomba-lomba untuk menampilkan kulit wajah yang lebih putih dan cerah agar tampak lebih cantik dan muda. Namun perawatan pencerahan kulit wajah bukan mudah dan murah. Berbagai cara dilakukan untuk  mendapatkan warna kulit yang lebih cerah dan mulus, dari menggunakan krim pemutih kulit sampai pergi ke klinik kecantikan atau salon untuk mendapatkan perawatan pencerahan kulit wajah. Namun, “mahal” masih merupakan kendala semua wanita untuk mendapatkan kulit cantik idaman mereka.

Sebenarnya asal Anda mau rajin dan rutin melakukan perawatan di rumah,kulit wajah cerah dan cantik sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif lebih murah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya tanpa efek samping. Apa saja bahan alami pemutih wajah itu? Simak yang berikut ini.

1. Yogurt

Yogurt, produk susu ini memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Yogurt juga mengandung asam laktat yang memiliki sifat pemutih untuk kulit. Gosok dengan lembut plain yogurt ke kulit Anda, biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu untuk melihat perubahan yang signifikan pada kulit Anda.
Atau dapat juga dengan  mencampurkan satu sendok makan yogurt tawar dengan satu-setengah sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari untuk meningkatkan warna kulit wajah Anda.
Anda juga dapat menambahkan sedikit air jeruk dan beberapa sendok oatmeal pada yoghurt untuk membuat pasta untuk digunakan sebagai masker wajah.

2. Jeruk

Bahan yang paling penting dalam perawatan kulit adalah vitamin C, yang bisa diperoleh berlimpah dari buah jeruk. Plus, jeruk memiliki sifat pemutih yang dapat mencerahkan warna kulit Anda. Telah ditemukan bahwa konsumsi rutin jus jeruk segar dapat sangat meningkatkan tekstur keseluruhan kulit Anda serta kelembutan nya.
Caranya : Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan menjadi bubuk. Campurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk dengan satu sendok makan plain yogurt untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada kulit Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air. Ini akan membantu meringankan bintik-bintik dan tanda lainnya pada wajah Anda. Lakukan ini seminggu sekali atau dua kali, tapi tidak lebih dari itu.

3. Madu

Madu membantu memutihkan kulit dan juga bertindak sebagai agen pelembab. Kulit kering merupakan faktor umum yang memberikan kontribusi pada warna kulit yang tidak merata. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menyamarkan bintik-bintik akibat penuaan dan bekas jerawat. Oleskan madu murni pada wajah Anda, biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Hal sederhana ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan segar dari sebelumnya. Lakukan ini sekali sehari. Untuk membuat masker pencerah kulit, campurkan satu sendok teh masing-masing untuk madu dan jus lemon, satu sendok makan susu bubuk, dan satu-setengah sendok teh minyak almond. Aduk rata dan oleskan dengan lembut pada kulit. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian cuci dengan air dingin. Lakukan ini setiap hari.

4. Jeruk nipis

kandungan asam dalam jeruk nipis/lemon bekerja sebagai agen pemutih alami untuk kulit dan jumlah tinggi vitamin C di dalamnya mendorong pertumbuhan sel baru. Lemon/Jeruk nipis memiliki antioksidan yang sangat baik untuk warna kulit. Celupkan bola kapas pada perasan jeruk dan oleskan langsung pada wajah Anda. Anda bahkan dapat menggosok potongan jeruk langsung di atas kulit, biarkan selama setidaknya satu jam dan kemudian bersihkan wajah Anda dengan air. Lakukan ini sekali sehari. Obat sederhana ini pasti akan mencerahkan warna kulit Anda dan juga dapat memudarkan bekas luka di wajah Anda.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat mengurangi hiperpigmentasi dan mengembalikan warna asli kulit Anda. Hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab utama warna kulit tidak merata. Juga, efek pendinginan dari lidah buaya membantu regenerasi sel-sel baru dan membangun kembali jaringan yang rusak, yang penting bagi kesehatan kulit. Gunakan gel lidah buaya untuk dapat memudarkan bintik-bintik gelap dan mencerahkan warna kulit Anda secara keseluruhan.

Caranya, iris lidah buaya, kerok bagian yang seperti gel. Oleskan secara menyeluruh pada kulit Anda.  Biarkan selama sekitar 30 menit, dan kemudian cuci dengan air. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama dua minggu. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, Anda dapat membeli gel lidah buaya yang dijual di pasaran.

Check Also

Cara Membuat Jus Semangka Untuk Obati Asam Urat

Bagaimana cara membuat jus buah semangka (obati Asam urat) ? Imam Ibnul Qayyim menegaskan bahwasanya ...

...